Scroll to Top

Timnas Indonesia U-23 Diperkuat Yeyen Tumena

By Aditya / Published on Thursday, 02 May 2013

Yeyen Tumena Timnas Indonesia AC Milan

Yeyen Tumena kembali ke Timnas Indonesia. Mantan bek andalan Timnas Indonesia di era 1990-an ini dipercaya untuk turut menukangi Timnas Indonesia U-23 yang dipimpin oleh Rahmad Darmawan (RD) selaku pelatih kepala. Yeyen Tumena akan berdampingan dengan legenda hidup Timnas Indonesia lainnya, Aji Santoso, sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 yang akan diterjunkan ke SEA Games 2013 Myanmar.

Hal itu disampaikan oleh Manajer Timnas Indonesia U-23, Edi Nurinda, yang membenarkan kabar bahwa Yeyen Tumena masuk dalam jajaran pelatih Timnas Indonesia U-23 pimpinan Rahmad Darmawan.

“Yeyen (Tumena) akan menjadi asisten pelatih,” jelas Edi Nurinda di Jakarta di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Senin (29/4).

Yeyen Tumena sendiri sebelumnya juga turut mendampingi Timnas Indonesia senior saat menjamu Arab Saudi di ajang Pra Piala Asia 2015 yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada tanggal 23 Maret 2013 silam. Saat itu, Timnas Indonesia dilatih oleh duet Rahmad Darmawan dan Jacksen F. Tiago.

Selain Aji Santoso dan Yeyen Tumena, nama Widodo C. Putro yang juga menjadi kebanggaan sepakbola Indonesia, pernah pula duduk di staf kepelatihan di tim Garuda beberapa waktu lalu. Namun, sosok yang terkenal dengan tendangan saltonya ke gawang Kuwait dan dinobatkan sebagai gol terbaik Piala Asia 1996 tersebut baru saja diangkat sebagai pelatih Persegres Gresik United.

Yeyen Tumena sendiri pernah menjadi pilar Timnas Indonesia di dekade 1990-an bersama Aji Santoso, Widodo C Putro, Kurnia Sandy, Anang Ma’ruf, Uston Nawawi, Kurniawan Dwi Yulianto, Bejo Sugiantoro, Bima Sakti, Hendro Kartiko, Eduard Ivakdalam, dan lain-lain.

Di level klub, Yeyen Tumena yang kini berusia 36 tahun ini pernah memperkuat PSM Makassar, Persikota Tangerang, Perseden Denpasar, Persebaya Surabaya, PSMS Medan, Persija Jakarta, dan Persma Manado.

Setelah gantung sepatu, kiprah Yeyen Tumena masih tidak jauh-jauh dari sepakbola. Selain menjadi komentator pertandingan sepakbola, Yeyen Tumena juga pernah menjabat sebagai pelatih tim yunior nasional dan anggota tim pencari bakat Badan Pembinaan dan Pengembangan Usia Muda PSSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda