Scroll to Top

PSSI Pikirkan Solusi untuk IPL

By Aditya / Published on Thursday, 02 May 2013

IPL Logo Putih

PSSI masih memikirkan solusi untuk mengatasi masalah yang saat ini dialami oleh klub-klub peserta Indonesia Premier League (IPL). Seperti diketahui, usai Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang digelar pada tanggal 17 Maret 2013 silam, nasib IPL menjadi tidak jelas karena format penyatuan liga yang disepakati di KLB PSSI tidak berpihak pada kompetisi yang bermula dari Liga Prima Indonesia (LPI) itu.

Anggota Exco PSSI PSSI yang sekaligus Ketua Komite Kompetisi PSSI, Erwin Dwi Budiawan, mengatakan bahwa pihaknya baru akan membahas masalah IPL dalam rapat Exco PSSI yang akan digelar Senin pekan depan. Nasib IPL akan dirundingkan dalam rapat Exco tersebut.

“Nanti dalam rapat akan kita putuskan langkah apa yang akan diambil. Apakah memanggil operator liga (PT LPIS) atau menyerahkan klub-klub yang melakukan aksi WO tersebut kepada komisi disiplin,” kata Erwin Dwi Budiawan di Jakarta belum lama ini.

IPL musim ini memang sarat masalah. Sejumlah klub yang tidak yakin akan masa depan kompetisi ini memutuskan untuk tidak melanjutkan kiprahnya, atau setidaknya melakukan mogok tanding sehingga kalah WO, seperti yang pernah dilakukan oleh Persema Malang, Persebaya 1927, dan sejumlah klub lain. Beberapa klub IPL bahkan menyatakan bubar karena persoalan ini.

Tak hanya itu, jalannya kompetisi IPL pun mengalami karut-marut. Jadwal yang tidak jelas dan banyak tim yang mengaku belum siap serta berbagai masalah kesulitan finansial menjadi kendala yang semakin memperberat langkah IPL. Padahal, IPL sempat digadang-gadang sebagai kompetisi profesional karena tidak lagi mengandalkan dana dari APBD.

Mengenai masalah IPL ini, Komisi Displin PSSI yang dipimpin oleh Hinca Pandjaitan belum akan mengambil kebijakan apapun sebelum ada keputusan yang dihasilkan dari rapat Exco PSSI.

“Kami menghormati pengelola liga (IPL) dan PSSI, jadi tidak akan ada proses apapun sebelum hasil rapat Exco. Lagipula saya lihat pihak operator saat ini masih melakukan dialog dengan para peserta IPL, jadi biarkan diselesaikan dulu semua proses tersebut,” ujar Hinca Pandjaitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda