Scroll to Top

FB Rilis Trusted Contacts, Fitur Recovery Akun

By Ibnu Azis / Published on Friday, 03 May 2013

Facebook

Salah satu perkara serius yang jadi persoalan pengguna adalah kasus peretasan. Untuk meminimalkan masalah tersebut, FB merilis Trusted Contacts, sejenis fitur recovery akun. Bagaimana fitur baru Facebook ini bekerja?

Secara sederhana Trusted Contacts memungkinkan Anda memilih beberapa teman dalam list ‘kontak terpercaya’ yang bisa membantu tatkala kesulitan login. Nantinya teman di Trusted Contacts akan diberi kode tertentu yang harus Anda verifikasi.

Fitur ini sejatinya telah diperkenalkan (beta) sejak tahun 2011 silam. Trusted Contacts juga menambah kontrol privasi akun khususnya terkait security setting. Pengguna bisa memilih 3 dari 5 teman paling dipercaya guna dimasukkan dalam daftar Trusted Contacts.

Trusted Contacts

Facebook memberikan tips teman dalam list Trusted Contacts. Seperti teman dekat atau keluarga, teman yang bisa dijangkau tanpa Facebook, dan teman yang bisa dihubungi 24 jam atau setiap saat. Tatkala telah menambahkan mereka, Facebook akan mengirim sebuah notifikasi.

Cara kerjanya sangat sederhana. Ketika Anda kesulitan login, entah itu karena akun telah diretas atau lupa kata sandi dan tak bisa forget password, Facebook akan mengubungi teman Anda yang telah masuk daftar Trusted Contacts.

Setelah Anda menghubunginya, nantinya mereka akan menerima sejenis kode keamanan dan intruksi bagaimana menyelesaikan masalah ini. Anda tinggal memasukkan security code ini ke pengaturan untuk memulihkan akun.

Ini berarti bisa dikatakan Trusted Contacts mengikis beberapa fitur recovery sebelumnya, seperti forget password atau security question. Untuk mengaktifkan Trusted Contacts sila kunjungi tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda