Scroll to Top

Facebook Izinkan Pengguna Sembunyikan Iklan di Aplikasi Mobile

By Ibnu Azis / Published on Friday, 03 May 2013

Facebook Mobile

Kesal dengan iklan Facebook yang bergentayangan di news feed di aplikasi atau situs mobile? Kini pengguna dimungkinkan untuk menyembunyikannya iklan tersebut. FB mengonfirmasi bahwa fitur tersebut tersedia.

Facebook memang gratis, jejaring sosial ini tidak menarik ‘pungli’ pada pengguna dalam beraktivitas di jejaring sosial semiliar umat ini. Namun ada harga yang harus dibayar yakni iklan.

Jika iklan di desktop bisa mudah disingkirkan dengan ekstensi atau adds on seperti Adblock Plus misalnya. Aplikasi ini juga hadir di ranah mobile, misalnya di peramban Firefox untuk Android.

Namun di aplikasi mobile, Android dan iOS misalnya, atau di peramban non Firefox, iklan tetap muncul di news feed. Iklan ini tampil dengan pelbagai wajah. Bisa suggest post, suggest aplikasi, atau suggest page.

Nah cara mengatasinya sejatinya sagat simple. Bila pengguna melihat adanya iklan di news feed, tinggal men-tap tanda silang ‘X’ di sisi kanan atas iklan. Nantinya akan muncul tiga pilihan: Hide story, report/Mark as Spam, serta Cancel. Sila pilih Hide story.

Iklan Facebook Hide

Ini berarti iklan tersebut atau iklan yang sama tidak akan muncul di news feed Anda. Namun celakanya iklan lain atau iklan dari produk lain bisa saja menggantikan dan Anda harus mengulangi langkah di atas.

Namun Facebook berujar akan merilis fitur yang lebih mutakhir soal penyembunyian iklan ini di kategori-kategori tertentu. Misalkan saja saran aplikasi mobile yang bisa diinstal atau saran halaman yang disukai. Dan kembali, fitur ini akan pertama kali mendarat di iOS kemudian Android.

Menurut Facebook fitur ini sebagai peningkatan privasi pengguna atas konten (iklan) yang mereka lihat. Namun banyak analis yang berasumsi fitur ini hanyalah sebagai media untuk memetakan ketertarikan pengguna atas iklan (produk) yang disukai dan tidak disukai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda