Scroll to Top

Tiap Tahun Ribuan Pejalan Kaki Meninggal Karena Kecelakaan

By Ilham Choirul / Published on Friday, 03 May 2013

kecelakaan

Menjadi pejalan kaki belum menjamin lebih aman dari kecelakaan. Pasalnya, kecelakaan yang menewaskan pejalan kaki angkanya cukup tinggi. Seperti dirilis Badan Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini, setiap tahun di seluruh dunia terjadi kematian pejalan kaki sebanyak 270 ribu. Mereka menjadi korban kecelakaan lalu intas.

“Kita harus berpikir ulang soal sistem transportasi sehingga berjalan kaki adalah sesuatu yang aman,” kata Etienne Krug, kepala departemen pencegahan kecelakaan WHO, seperti dikutip Antara.

Menurut WHO, pejalan kaki adalah pengguna jalan yang paling berisiko meregang nyawa karena kecelakaan. Penyebabnya, dalam pengaturan kelalulintasan, seringkali kendaraan bermotor menjadi prioritas sebagai pemakai jalan. Sebaliknya, mereka yang memilih untuk berjalan kaki kurang dipedulikan. Kecelakan kerap terjadi lantaran pengemudi kendaraan bermotor sedang mabuk, kurang berkonsentrasi, hingga memakai ponsel kala mengemudi

“Kalau jalanan aman, orang akan lebih banyak memilih berjalan, pada akhirnya hal ini akan meningkatkan kesehatan sekaligus memperbaiki lingkungan hidup,” kata Oleg Chestnov, Kepala divisi penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa WHO.

WHO mencatat tidak kurang dari 5.000 orang meninggal tiap minggunya akibat kelalaian kendaraan bermotor. Dan, dari data yang ada di WHO, 1,24 juta orang yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas, sekitar 22 persennya merupakan pejalan kaki.

Dari sisi usia, baik orang dewasa maupun anak-anak mendominasi pejalan kaki yang meninggal. Sementara itu, orang yang paling berisiko mengalami kecelakaan ini adalah yang berusia lanjut usia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda