Scroll to Top

Timnas Indonesia: Blanco Laporkan BTN ke Presiden!

By Aditya / Published on Friday, 03 May 2013

Luis Manuel Blanco

Pemecatan Luis Manuel Blanco oleh Badan Tim Nasional (BTN) pimpinan La Nyalla Mattalitti dari jabatan pelatih kepala Timnas Indonesia ternyata berbuntut panjang. Lantaran posisinya sebagai pelatih Timnas Indonesia digusur, pelatih asal Argentina itu mengancam akan melaporkan BTN kepada Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). BTN sendiri telah menunjuk Jacksen F. Thiago sebagai pelatih Timnas Indonesia yang baru.

Luis Manuel Blanco, yang menunjuk Elza Syarief sebagai kuasa hukumnya, merasa tidak terima dengan perlakuan BTN terhadapnya. Oleh karena itu, Elza Syarief akan membawa masalah ini ke PSSI, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo, bahkan hingga ke Presiden SBY.

“Saya akan memperjuangkan nasib Blanco yang dinilai cacat hukum. Langkah ke depan bakal mengadakan pertemuan dengan PSSI, Menpora, bahkan Presiden RI,” tandas Elza Syarief mewakilli Luis Manuel Blanco di Jakarta belum lama ini.

“Pemecatan yang dilakukan pihak BTN kepada Blanco secara tidak langsung membawa citra buruk bagi Indonesia di mata dunia. Pasalnya, dipilihnya Blanco sebagai bentuk kerjasama bilateral antara Indonesia dan Argentina dalam upaya memajukan sepakbola Indonesia,” lanjut pengacara kondang ini.

Sejak dipimpin oleh La Nyalla Mattalitti, BTN memang tidak lagi memakai jasa Luis Manuel Blanco sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia. Posisinya digantikan oleh pelatih Persipura Jayapura asal Brasil, Jacksen F. Thiago. Adapun untuk Luis Manuel Blanco, BTN sebenarnya telah menawarkan posisi sebagai pelatih Timnas Indonesia U-19, namun tawaran tersebut ditolak mentah-mentah oleh Luis Manuel Blanco.

Luis Manuel Blanco sendiri mendapat sokongan dari Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, dan para pendukungnya seperti Habil Marati, Isran Noor, dan lain-lain. Menurut Djohar Arifin, Luis Manuel Blanco bukanlah pelatih sembarangan.

“Tentunya, Argentina tidak mungkin memberi pilihan seorang pelatih yang sembarangan. Pengangkatan Blanco adalah berdasarkan pembicaraan kedua kepala negara. Blanco pernah melatih di Amerika dan Eropa, dan terakhir di Cina,” tandas Djohar Arifin Husin waktu itu.

“Penunjukan utama Blanco yakni untuk meningkatkan prestasi Timnas Indonesia, sebab pengalaman Blanco akan membantu tugasnya di Indonesia,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda