Jadwal MotoGP Jerez Spanyol 2013

Jadwal MotoGP 2013 Spanyol yang berlangsung di Sirkuit Jerez dalam lanjutan Moto GP 2013 akan berlangsung pada hari Minggu, 5 Mei 2013 pukul 19.00 WIB. Akankah Marc Marquez akan menciptakan rekor baru di Jerez? Atau Jorge Lorenzo tetap yang terdepan? Bisakah Dani Pedrosa dan Valentino Rossi terlecut untuk memenangi balapan ketiga musim ini?

Jika melihat klasemen sementara, Lorenzo dan Marc Marquez memang terlihat lebih unggul daripada yang lain. Keduanya berhasil masuk podium dalam dua race awal. Apalagi sang juara bertahan pernah memenangi laga di kandang sendiri, pada musim 2010 dan 2011. Plus, Jorge Lorenzo pula yang memimpin dalam dua sesi latihan yang digelar pada Jumat (3/5) lalu. Namun, bukan berarti pembalap Yamaha akan dengan mudah menggenggam 25 poin.

Pekan ini, Dani Pedrosa mendapatkan kritikan dari Kevin Schwantz yang menganggapnya tidak akan pernah juara selama masih ditangani Alberto Puig. Seperti menjawab hal tersebut, Pedrosa meraih peringkat kedua di sesi latihan bebas pertama, dan yang ketiga di sesi latihan berikutnya. Jangan lupakan pula Pedrosa adalah juara di Jerez pada tahun 2008.

Valentino Rossi lebih banyak juara dibandingkan Dani Pedrosa dan Lorenzo. Terhitung di kelas premier, Si Nomor 46 sudah menaklukkan Jerez enam kali. Terakhir kali terjadi pada tahun 2009 lalu. Berada di kisaran empat dalam sesi latihan bisa membuktikan ketangguhan Rossi.

Namun, nama-nama pembalap lain juga tidak boleh diabaikan. Cal Crutchlow dan Alvaro Bautista misalnya. Mungkin saja nama-nama ini memberi ‘terapi kejut’ bagi empat pembalap di atas.

Nah, apakah Jerez akan menjadi saksi semakin menggilanya Marc Marquez? Apakah trio pembalap tuan rumah yang akan menjadi juara di Grand Prix Spanyol? Jangan lupakan aksi mereka pada Minggu (5/5) mendatang. Namun, tak ada salahnya pula melihat kualifikasi mereka pada Sabtu (4/5) mulai pukul 19.00 WIB.