Scroll to Top

Google Legalkan Palestina, Israel Geram

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 04 May 2013

Google PalestinaHubungan antara Palestina dan Israel mungkin akan semakin memanas. Kali ini penyebabnya bukan dari ranah politik atau militer. Google, mengubah nama Palestinian Territories dan gunakan nama Palestine di laman Google.ps. Tak perlu menunggu lama Israel pun angkat suara.

Perubahan nama ini juga tertampil di landing page Google.ps. Sebelumnya Google hanya menuliskan ‘Palestinian Territories’ atau ‘Wilayah Palestina’. Kini nama tersebut telah berubah menjadi ‘Palestine’ (Palestina).

Google sendiri mengubah ‘nama negara’ ini bukannya tanpa alasan. Menurut Nathan Tyler, salah satu jubir Google, mereka telah berkonsultasi dengan sejumlah pihak yang berwenang. Sebut saja PBB dan ISO (International Organisation for Standardisation).

Apa yang dilakukan Google tentu saja disambut antusianisme luar biasa dari pihak Palestina. Dr Sabri Saidam, penasihat Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan jika otoritas Palestina menyambut baik apa yang jadi keputusan Google.

Di lain pihak, Israel seakan tak terima. Mereka memertanyakan kebijakan perubahan ini. Bahkan, juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Yigal Palmor, menyoroti soal adanya kepentingan sebuah perusahaan internet swasta di dalam dunia politik internasional.

Google sendiri akan pula gunakan nama Palestina di semua produknya. Perubahan ini telah dilakukan mulai 1 Mei 2013 lalu. Sekali lagi, Google mengaku jika mereka mengikuti keputusan PBB dan organisasi lainnya.

Apa yang dilakukan Google memang tepat. Pada bulan November silam, dalam Sidang Umum PBB, status Palestina telah diubah dari pengamat non-anggota menjadi negara pengamat. Keputusan ini diamini 108 negara dan hanya sembilan negara menolaknya. Sedangkan 41 negara abstain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda