Scroll to Top

Usia Muda Kini Rawan Kena Stroke

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 08 Sep 2011

Hidup serba praktis seringkali meninggalkan efek berupa gaya hidup tidak sehat. Cara hidup seperti ini juga yang menjadi penyebab kemunculan penyakit serius di usia muda. Stroke adalah salah satunya.

Penyakit yang muncul dari masalah tersumbatnya pembuluh darah ini, tidak lagi menjadi langganan orang usia lanjut. Dari rilis BBC, disebutkan, banyak anak dan orang yang terserang penyakit ini.

Dr Lorna Layward, dari Stroke Association di Inggris, mengatakan, tekanan darah tinggi menjadi penyebab utama terjadinya pecahnya pembuluh darah di otak. Di samping itu — kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, miskin, dan merokok – juga menjadi faktor pencetus lainnya.

Terkait stroke yang dialami pasien muda, peneliti di Amerika menemukan adanya peningkatan stroke iskemik akibat pembekuan darah, dan stroke hemoragik akibat perdarahan di otak.

Untuk stroke iskemik, pasien usia 5-14 tahun mengalami peningkatan sebesar 31%. Pasien usia 15-34 tahun peningkatannya sebesar 30%. Sedangkan,  pasien usia 35-44 meningkat 37%. Jumlah pasien pria lebih besar dari wanita di semua kelompok umur. Pada stroke hemoragik ada penurunan, kecuali kelompok usia 5-14 tahun. Lebih separuh dari usia 35-44 tahun yang mengalami stroke iskemik memiliki hipertensi

“Seperempat dari semua stroke terjadi pada orang usia kerja, dan sekitar 400 anak mengalami stroke setiap tahun di Inggris,” kata Layward.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda