Scroll to Top

Intel Core i7-4770K Ngebut 7GHz Melalui Overclock

By Ditya / Published on Saturday, 04 May 2013

Intel Core i7

Prosesor Intel seri terbaru dari keluarga Haswell, Core i7-4770K berhasil ngebut dengan kecepatan hingga 7GHz melalui overclock. Prosesor Intel Core i7-4770K sendiri memiliki kecepatan standar 3,4GHz dengan TurboBoost 3,9GHz yang dilengkapi dengan L3 cache sebesar 8MB.

Overclock sendiri adalah sebuah langkah modifikasi untuk meningkatkan frekuensi prosesor melalui perubahan konfigurasi kecepatan bus dan nilai multiplier untuk meningkatkan performa prosesor secara signifikan. Prosesor Intel Core i7-4770K ini sukses di-overclock dari kecepatan standar di 3,4GHz ke 7,012Ghz, sebuah peningkatan yang luar biasa.

Sebelumnya memang sempat beredar kabar di kalangan overclocker bahwa prosesor Intel generasi keempat atau Haswell memiliki kemampuan atau potensi overclock yang lebih baik ketimbang Ivy Bridge. Hal ini dibuktikan dengan hasil overclock prosesor Core i7-4770K hingga berlari dengan kecepatan 7GHz oleh overclocker yang tak mau disebutkan namanya.

Overclocker anonim tersebut berhasil mendongkrak kecepatan prosesor Core i7-4770K dari 3,5GHz ke 7Ghz menggunakan konfigurasi BCLK 91,07MHz yang dikombinasikan dengan nilai multiplier 77. Overclocker tersebut juga mengatakan bahwa ia menggunakan motherboard Asus Maximus Extreme Edition IV yang menggunakan chipset Intel Z87.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (03/05/2013), saat ini prosesor Intel generasi Haswell memang belum secara resmi diluncurkan, tapi hasil overclock prosesor tersebut telah beredar di interner. Berdasarkan informasi terbaru, Intel akan merilis prosesor generasi Haswell pada 3 Juni 2013 mendatang.

Intel Haswell menawarkan peningkatan performa prosesor dan grafis yang signifikan dibanding generasi Ivy Bridge. Tak hanya itu, prosesor Intel Haswell ini diklaim lebih hemat energi dibanding generasi sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda