Scroll to Top

Bos Google Sebut Youtube Pecundangi Televisi

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 04 May 2013

Eric Schmidt

Eric Schmidt mengamini jika pertarungan antara Youtube dengan televisi telah berakhir. Hasilnya, Youtube di atas angin dan mampu pecundangi televisi. Namun bos Google ini menolak mengatakan jika Youtube nantinya akan menggantikan posisi televisi.

Apa yang diutarakan Eric Schmidt bukanlah sebuah pepesan kosong. Beberapa waktu lalu Youtube telah mengumumkan jika tiap bulannya mereka memutar enam miliar jam video. Ini belum ditambah rekor satu miliar pengunjung unik tiap bulan.

Angka di atas mewakili 15 persen jumlah total penduduk di planet ini. Jika diambil rata-rata, maka setiap manusia di muka Bumi menyaksikan video di Youtube hampir satu jam tiap bulannya. Inilah yang membuat Eric Schmidt berani berujar demikian.

Sementara itu Robert Kyncl, Youtube Global Head Content mengatakan ada beberapa hal yang tidak dimiliki televisi dibandingkan Youtube. Ini terkait komunikasi. Youtube, sebutnya, miliki komunikasi dua arah. Sedangkan televisi tidak.

Youtube pula sangat mudah menjangkau pemirsa yang tidak dibatasi ruang dan waktu. Layanan streaming miliki keterlibatan pengguna yang luar biasa. Dan bahkan Google menklaim pengguna di usia 18-34 tahun lebih memilih Youtube daripada TV kabel.

Namun sekali lagi Eric Schmidt menegaskan jika Youtube tidak akan menggantikan televisi. Ia lebih condong ke istilah ‘sesuatu yang baru’. Hal yang baru terkait konten video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda