Scroll to Top

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Alami Kecelakaan Lalu Lintas

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 08 Sep 2011

Kecelakaan, adalah kejadian yang sangat dihindari setiap orang. Apapun jenisnya, mengalami kejadian ini dapat menimbulkan trauma dan memunculkan kerugian pada kesehatan maupun materi. Kecelakaan di jalan raya, apalagi. Nyawa menjadi taruhannya.

Namun, jika kecelakaan di jalan raya ternyata menghampiri Anda, maka ada hal-hal yang mesti Anda perhatikan. Jangan sampai karena terlalu panik, Anda malah kalut menghadapi keadaan. Dikutip dari Ghiboo, Anda bisa melakukan tips berikut saat menghadapi kecelakaan lalu lintas:

  • Tetaplah tenang dan waspada. Hindari kepanikan dan emosi yang dapat membuat Anda bingung mengambil tindakan yang masuk akal.
  • Hindari berdebat dan bertengkar dengan orang yang bertabrakan dengan Anda. Jauhkan ego untuk mempermudah pemeriksaan atau penyidikan petugas yang menangani kasus Anda.
  • Jika kondisi Anda memungkinkan, tolonglah korban lain yang mengalami luka parah. Segera bawa ke rumah sakit saat memerlukan tindakan medis lanjutan. Ini tindakan mulia yang bisa Anda lakukan.
  • Saat kecelakaan, barangkali ada tumpahan bahan bakar atau kendaraan masih dalam keadaan hidup. Lakukan langkah-langkah yang bisa mengamankan keadaan agar tidak ada kejadian lanjutan pascakecelakaan. Misalnya, menaburkan pasir pada tumpahan bahan bakar dan mematikan mesin.
  • Melarikan diri adalah tindakan yang tidak menyelesaikan masalah. Anda hanya akan memperberat diri sendiri. Karena, Anda bisa didakwa dengan pasal hukuman yang sebenarnya tidak perlu diterima. Kalau pun kondisinya terdesak harus melarikan diri, misalnya takut dikeroyok massa, carilah perlindungan di kantor polisi atau pos keamanan terdekat.
  • Hubungi petugas atau polisi terdekat. Ceritakan kronologi kejadian sebenarnya dari kecelakaan yang Anda alami. Serahkankan penanganan penyidikan selanjutnya kepada petugas.
  • Setelah petugas atau Anda menandai letak kendaaran dengan benda yang tidak mudah terhapus¬† saat terjadinya kecelakaan, kendaraan bisa disingkirkan dari badan jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda