Scroll to Top

Bisnis Twitter Follower Palsu Bernilai Jutaan Dolar

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 04 May 2013

Twitter

Salah seorang peneliti keamanan senior mengemukakan jika bisnis follower palsu di Twitter bernilai jutaan dolar. Bahkan follower palsu ini juga bergentayangan di akun-akun para pesohor dunia.

Coba perhatikan temuan data hasil analisa situs StatusPeople.com terkait jumlah pengikut akun-akun selebritis dunia di bawah ini:

  • Justin Bieber: 32% palsu, 31% tidak aktif, 37% real.
  • Lady Gaga: 51% palsu, 30% tidak aktif, 19% real.
  • Katy Perry: 40% palsu, 32% tidak aktif, 28% real.
  • Kim Kardashian: 29% palsu, 30% tidak aktif, 40% real.
  • Barack Obama: 56% palsu, 27% tidak aktif, 17% real.

Misalkan saja diambil contoh akun Justin Bieber. Akun ini miliki jumlah follower mencapai 38 juta. Jika 32% diantaranya palsu, maka totalnya mencapai 12 juta. Barack Obama justru lebih parah. 56% dari 31 juta follower-nya palsu. Sila menghitung sendiri jumlahnya.

Mark Wuergler, seorang peneliti keamanan senior di Immunity Inc menyatakan jika uang yang berputar di bisnis follower palsu ini mencapai jutaan dolar. Namun celakanya, kejanggalan follower palsu juga mudah diindentifikasi.

Follower palsu, sebutnya, unsur yang paling sulit adalah memertahankan eksistensi agar terlihat terlihat aktif dan sah. Sedangkan follower palsu yang ada umumnya tidak miliki unsur tersebut.

Blog The New York Times’s Bits beberapa kali menyoroti soal fenomena yang demikian. Sebuah lonjakan follower yang tak biasa. Sebut saja apa yang dialami bintang NBA Jason Collins. Follower akun Twitter-nya bisa menggelembung dengan cepat di angka 100.000 pengikut per 24 jam.

Namun jangan salah. Tidak semua akun membengkak secara masif tanpa asalan. Contohnya akun Twitter presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang sangat populer di twitteruniverse.

Mulai berkicau 13 April 2013 lalu, akun @SBYudhoyono miliki 1,8 juta follower. Jika diambil rata-rata per 21 hari hingga hari ini, rata-rata akun SBY diikuti 85 ribu follower per harinya. Apakah SBY bisa diduga memakai jasa follower bayaran?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda