Scroll to Top

10 Keuntungan Tidur Cukup

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 04 May 2013

tidur cukup

Jangan meremahkan waktu tidur. Seberapa pun sibuknya aktivitas Anda, meluangkan waktu tidur bisa memberikan efek positif dalam berbagai sisi kehidupan. Tidak percaya? Simak saja 10 keuntungan cukup tidur berikut ini yang dikutip dari Health:

  1. Meningkatkan daya ingat. Buat yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, menggabungkan antara belajar dengan tidur yang cukup dapat membantu memperkuat daya ingat.

 “Sesuatu terjadi saat Anda tidur yang membuat belajar Anda lebih baik,” kata Dr Rapoport, profesor di NYU Langone Medical Center.

  1. Memiliki kualitas hidup atau umur lebih panjang. Sebuah studi di tahun 2010 yang dilakukan pada wanita terungkap, banyak kematian pada wanita terjadi ketika mereka tidur hanya 5-6 jam per malam. Kemungkinan, efek samping dari kurang tidur yang membuat wanita lebih tinggi menghadai risiko kematian.
  2. Mencegah peradangan pada tubuh. Orang yang kurang tidur berpotensi mengalami peradangan yang menjalar pada terjadinya risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, arthritis, dan penuaan dini. Kurang tidur membuat protein pemicu peradangan naik terutama ada mereka yang tidur kurang dari enam jam per hari. Hal tersebut juga memicu kenaikan tekanan darah. Jadi cukupilah jam tidur Anda
  3. Memacu kreativitas. Ketika Anda cukup tidur akan mengalami penguatan komponen emosional memori yang memacu proses kreatif. Demikian menurut studi dari Harvard University dan Boston College.
  4. Lebih berprestasi. Studi yang dilakukan Universitas Stanford menemukan, pemain sepakbola universitas yang tidur 10 jam sehari selama 7-8 minggu, punya kemampuan rata-rata  kecepatan lari yang lebih baik. Mereka juga lebih tahan terhadap kelelahan dan penurunan stamina.
  5. Memperbaiki nilai akademis pelajar. Sebuah studi yang dimuat jurnal Sleep pada 2010 mengatakan, anak-anak usia 10-16 tahun yang punya masalah pernafasan sehingga mengganggu kualitas tidurnya, memiliki masalah dalam konsentrasi dan belajar. Oleh karena itu, tidur berkualitas ikut diperlukan agar mampu berprestasi di sekolah.
  6. Menajamkan konsentrasi. Anak-anak dan orang dewasa mengalami masalah konsentrasi saat kurang tidur. Orang dewasa cenderung mudah mengantuk, sementara anak-anak menjadi lebih hiperaktif.
  7. Memiliki berat badan yang lebih terkontrol.  Orang yang cukup tidur lebih mungkin kehilangan 56 persen lemak dibanding yang kurang tidur. Orang kurang tidur lebih mudah lapar dan berakhir dengan penimbunan lemak di tubuh.
  8. Mengusir stres dan depresi. Pasalnya, orang yang cukup tidur memiliki kontrol yang lebih baik dan menormalkan tekanan darah. Selain itu, kolesterol juga akan turun. Emosi akan lebih terkendali dan kecemasan bisa diatasi.
  9. Terhindar dari kecelakaan. Banyak kasus kecelakaan karena pengendara mengantuk. Orang mengantuk sulit mengoordinasikan pikirannya antara mengemudi  dengan kewaspadaan terhadap kondisi jalan. Reaksi dan pengambilan keputusan selama di jalan tidak mampu direspon dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda