Scroll to Top

Olahraga Melindungi Wanita dari Batu Ginjal

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 04 May 2013

lari

Wanita yang mau meluangkan waktu untuk berolahraga memiliki keuntungan untuk terhindar dari batu ginjal. Dan, olahraga yang dilakukan tidak mesti jenis yang sampai mengeluarkan keringat. Cukup dengan berjalan kaki selama beberapa jalam dalam satu minggu, sudah cukup untuk mendapatkan manfaat tersebut. Pastinya, masih ditambah dengan manfaat lain dari olahraga yang membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.

Dikutip dari Huffington Post, penurunan risiko pembentukan batu ginjal dan berbagai masalah kesehatan lain akan turun hingga sepertiganya.  Sekalipun olahraga yang dilakukan tidak terlalu sering dan tidak berat, wanita berpeluang mendapatkan manfaatnya. Demikian menurut studi yang dikepalai Dr. Mathew Sorensen dari University of Washington School of Medicine di  Seattle, AS, yang disampaikan pada konferensi American Urological Association.

Batu ginjal dialami oleh rata-rata 9 persen orang dalam hdup mereka. Para pria memang yang lebih banyak mengalami kasus ini dibanding wanita. Hanya saja, dalam 15 tahun terakhir ini, kasus batu ginjal yang terjadi pada wanita meningkat sampai 70 persen.

Hubungan antara olahraga dengan pencegahan pembentukan batu ginjal terletak pada penganan tubuh terhadap pemicunya. Nutrisi dan cairan pembentuk batu dapat dihindari reaksinya. Olahraga mengeluarkan keringat dan mempertahankan kalsium tetap berada di tulang. Kalsium, yang menjadi salah satu komponen batu ginjal,  bisa dihindarkan untuk tidak turun hingga ginjal dan saluran kencing.  Ditambah minum air yang banyak usai olahraga, semakin membantu pembentuk batu luruh bersama urin.

“Ada sesuatu tentang olahraga itu sendiri yang mungkin menghasilkan sesuatu dalam urin, yang (dapat) mencegah pembentukan batu,” kata Dr Kevin McVary, ketua urologi di Southern Illinois University School of Medicine di Springfield, Illinois, yang tidak terlibat studi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda