Scroll to Top

Khawatir BBM Disalahgunakan, Kepolisian Afsel Minta Bisa Akses RIM

By Moch Ridwan / Published on Wednesday, 07 Sep 2011
Kepolisian Afsel minta bisa akses BBM

Pemerintah Afrika Selatan saat ini sedang mempertimbangkan pihak kepolisian mereka akan dapat mengakses messenger Blackberry terinkrispsi dengan demikain hal ini bisa membantu badan tersebut dalam hal penangkapan tindak kejahatan.

Deputi dari Kementrian Komunikasi, Obed Bapela mengatakan bahwa layanan Blackberry Messenger (BBM) beresiko terhadap keamanan pemerintahan oleh sebab itu layanan ini perlu bisa ditelusuri dengan seksama.

“Terdapat bukti bahwa saat ini pelaku kejahatan menggunakan BBM untuk merencanakan sekaligus mengeksekusi tindakan kejahatan mereka. Oleh sebab itu kami perlu untuk mereview layanan BBM seperti yang dilakukan oleh Inggris dan Saudi Arabia,” tutur Bapela seperti yang dirilis di Sapa News Agency.

Tindakan yang dilakukan pemerintah ini merupakan kekhawatiran yang disebabkan begitu tingginya aksi kejahatan yang terjadi di salah satu negara di benua Afrika tersebut.

“Tingginya tingkat kejahatan di Afrika delapan kali lebih tinggi dibandingkan dengan Amerika, setiap hari disini ada 46 orang yang terbunuh,” tambahnya.

Seperti yang diketahui bahwa layanan BBM yang diberikan oleh vendor Blackberry Research in Motion dari Kanada ini merupakan layanan terenkripsi sehingga tidak bisa diakses seperti halnya layanan jejearing sosial Facebook atau Twitter.

Afrika Selatan sendiri sebenarnya sudah memiliki undang-undang yang mengatur penggunaan seluler yang disebut sebagai ‘Peraturan Intersepsi UU Komunikasi’ dimana setiap warga negara yang memiliki SIM cards wajib untuk mendaftarkan kartu mereka jika mereka melanggar maka resikonya sambungan teleponnya akan diputus secara sepihak. Begitu terdaftar maka SIM dapat dilacak dan ditelusuri untuk membantu pihak berwenang dalam menangani tindakan kejahatan yang telah terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda