Scroll to Top

Timnas Indonesia: Jacksen F. Tiago Pilih Fokus ke Persipura

By Aditya / Published on Saturday, 04 May 2013

Jacksen F Thiago

Meskipun telah ditunjuk oleh Badan Tim Nasional (BTN) untuk menangani Timnas Indonesia senior, Jacksen F. Tiago  tampaknya masih enggan berkomentar banyak tentang hal tersebut. Pelatih asal Brasil ini mengaku akan fokus ke Persipura Jayapura dulu sebelum mengalihkan konsentrasi ke Timnas Indonesia.

“Saya tidak ada komentar apa pun soal itu (penunjukan dirinya sebagai pelatih Timnas Indonesia). Kontrak saya saat ini masih dengan Persipura, jadi saya fokus dulu saja (pada Persipura),” ujar Jacksen F. Tiago belum lama ini.

Jacksen F. Tiago  sendiri sebenarnya sudah mendampingi Timnas Indonesia senior saat menghadapi Arab Saudi di ajang Pra Piala Asia 2015 yang telah dilangsungkan pada 23 Maret 2013 silam di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta. Saat itu, Jacksen F. Tiago  bersama Rahmad Darmawan (RD) ditunjuk mendadak untuk menjadi pelatih sementara Timnas Indonesia menggantikan Luis Manuel Blanco.

Antara BTN dan manajemen Persipura sebenarnya sudah terjalin kesepakatan mengenai status Jacksen F. Tiago . Ketua BTN, La Nyalla Mattalitti, mengatakan bahwa kepentingan Timnas Indonesia dan Persipura terkait Jacksen F. Tiago  tidak akan berbenturan karena jadwal yang ada memungkinkan pelatih asal Brasil itu untuk tetap bisa menjalankan tugas di kedua belah pihak.

“Pertandingan timnas kan baru dilakukan pada Oktober 2013, sedangkan kompetisi ISL akan berakhir pada September 2013. Jadi tak akan menganggu sama sekali sehingga Persipura tetap bisa menggunakan jasa Jacksen hingga kompetisi selesai,” ujar La Nyalla Mattalitti,

“Kami sudah bicara kepada Persipura bahwa Jacksen F. Tiago   bisa bertugas secara bersamaan, baik melatih Timnas Indonesia senior maupun skuat Persipura. Mereka tidak mempersoalkannya,” lanjutnya.

Jacksen F. Tiago  sebenarnya bukan sosok asing bagi persepakbolaan nasional. Ia mulai berkarir sebagai pemain sepakbola di Indonesia sejak tahun 1994 untuk Petrokimia Putra. Kemudian, Jacksen F. Tiago berturut-turut memperkuat PSM Makassar, Persebaya Surabaya, sempat hijrah ke Singapura bersama Geylang United namun kemudian balik ke Persebaya dan gantung sepatu di Petrokimia Putra pada tahun 2001.

Setelah itu, Jacksen F. Tiago melanjutkan karirnya sebagai pelatih dengan membesut Assyabaab (anggota Persebaya), Persebaya Surabaya, Persita Tangerang, Persiter Ternate, Mitra Kukar, Persitara Jakarta Utara, hingga ke Persipura Jayapura sejak tahun 2009 sampai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda