Scroll to Top

FoMO, Fobia Ketinggalan Berita di Internet & Jejaring Sosial

By Ditya / Published on Sunday, 05 May 2013

Facebook iPad

Makin maraknya dunia maya atau internet dan pesatnya perkembangan jejaring sosial ini ternyata menciptakan fobia baru dikalangan pecandu internet dan sosial media, yakni FoMO. FoMO adalah ‘Fear of Missing Out’ yang merupakan fobia ketinggalan berita di internet dan jejaring sosial.

Sama dengan Fobia lainnya, FoMO ini adalah kekhawatiran atau ketakutan ketinggalan berita di internet atau jejaring sosial. FoMO juga sering disebut sebagai rasa khawatir jika melihat orang lain terlihat lebih bahagia dan merasakan kepuasan yang lebih besar dari yang mereka rasakan. Hal ini diyakini merupakan salah satu dampak dari perkembangan sosial media yang cukup pesat.

“Peningkatan penggunaan media sosial akan menawarkan semacam jendela baru untuk melihat ke dalam kehidupan orang lain. Tapi bagi orang yang memiliki kadar FoMO tinggi hal ini bisa menimbulkan masalah karena mereka cenderung selalu mengecek akun media sosialnya untuk melihat apa saja yang dilakukan teman-teman mereka hingga mereka rela mengabaikan aktivitasnya sendiri,” kata Dr Andy Przybylski, ketua tim peneliti FoMO dari University of Essex, Inggris.

Dr. Andy Przybylski juga menambahkan agar setiap orang belajar untuk mengendalikan akses dan penggunaan jejaring sosial agar tidak berlebihan, karena hal ini dapat memicu FoMO.

Tak hanya itu, Dr. Andy Przybylski juga mengakui bahwa jejaring sosial seperti Facebook memiliki manfaat tersendiri, tapi mengakses dan menggunakannya secukupnya adalah keputusan bijak untuk menghindari FoMO.

Seperti yang dilansir dari Detik (04/05/2013), pengidap FoMO tingkat tinggi akan teralihkan perhatiannya untuk mengecek profil atau linimasa orang lain dan akhirnya malah mengabaikan kehidupannya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda