Scroll to Top

UNICEF: Jangan Sekadar Like di FB, Lakukan Tindakan Nyata!

By Ibnu Azis / Published on Sunday, 05 May 2013

UNICEF

UNICEF dengan tegas menyindir postingan gerakan kemanusiaan atau social movement yang memforsir penggunaan FB Like. Badan PBB untuk anak-anak ini menganjurkan lebih baik lakukan tindakan nyata daripada sekadar berikan ‘jempol‘ di Facebook.

Sejatinya pemberian ‘jempol’ di Facebook bisa pula berbuah sesuatu atau tindakan nyata. Penggagas atau pemarkarsa gerakan via jejaring sosial ini akan lakukan action bilamana telah mencapai jumlah Like tertentu.

Namun ada pula gerakan kemanusiaan dan sejenisnya di Facebook yang tidak tergantung jumlah ‘jempol’. Like FB hanya sekadar penggugah rasa simpati agar dukungan terus mengalir dan lebih mementingkan tindakan real di lapangan.

The Verge menulis jika Like Facebook tidak akan menyelamatkan nyawa seseorang. Inilah yang disampaikan UNICEF lewat iklan masyarakat yang diunggah di Youtube. Lewat beberapa video, UNICEF menyindir action yang hanya berupa pemberian ‘jempol’ semata tanpa sesuatu yang nyata.

UNICEF sendiri bukan antipati terhadap ‘jempol’ Facebook. Menurut mereka situs jejaring sosial bisa dijadikan jembatan penghubung yang mampu menjaring keterlibatan misi kemanusiaan yang lebih luas.

Akan tetapi UNICEF menyoroti jika itu semua tidak cukup hanya dengan sebuah Like. Perlu action yang nyata. Misalkan saja dalam menyelamatkan nyawa anak-anak di negara miskin, dibutuhkan sebuah vaksin kesehatan.

Petra Hallebrant dari UNICEF mengatakan jika mereka prihatin melihat pelbagai postingan di Facebook yang minim aksi. Menurutnya sebuah gerakan tidak hanya berhenti sebatas Like saja. Iklan masyarakat UNICEF sendiri digagas oleh Forsman & Bodenfors.

Jika Anda getol men-like postingan sejenis di Facebook tanpa lakukan sebuah aksi nyata, mungkin budaya tersebut mulai sekarang harus agak sedikit dirubah. Mari bertindak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda