Scroll to Top

Jari Litmanen Beri Saran untuk Timnas Indonesia

By Aditya / Published on Sunday, 05 May 2013

Jari Litmanen Barcelona

Jari Litmanen, legenda hidup tim nasional Finlandia, memberi saran untuk Timnas Indonesia. Pesepakbola kawakan yang pernah memperkuat Ajax Amsterdam, Barcelona, dan Liverpool ini memang sedang berada di Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Jari Litmanen tidak lupa sedikit membahas tentang Timnas Indonesia.

“Yang juga harus saya sampaikan yakni Timnas Indonesia harus membangun chemistry yaitu antara pemain dan pelatih, begitu juga sebaliknya. Apapun rintangannya, semua bisa dilalui,” ujar Jari Litmanen di Jakarta belum lama ini.

Kehadiran Jari Litmanen di Indonesia adalah dalam rangka mempromosikan film dokumenternya yang berjudul ”Kuningas Litmanen” atau ”The King Litmanen” yang ditayangkan dalam event Festival Film Eropa atau Europe on Screen (EOS) yang berlangsung di Jakarta pada tanggal 3-24 Mei 2013.

Jari Litmanen sendiri sudah mundur dari tim nasional Finlandia sejak tahun 2005. Pesepakbola kelahiran tanggal 20 Februari 1971 yang saat ini telah menginjak usia 42 tahun ini menyebut di dalam filmnya terkandung banyak pesan moral yang bisa dipetik oleh para pemain sepakbola.

“Film ini memberikan banyak pesan, di antaranya semangat juang tinggi yang harus dimiliki para pemain untuk menggapai cita-citanya,” kata Jari Litmanen.

Nama Jari Litmanen mulai mencuat ketika pada tahun 1992 ia direkrut Ajax Amsterdam dari klub lokal, MyPa. Bersama Ajax, Jari Litmanen tampil sebanyak 159 kali dan mencetak 91 gol.

Tahun 1999, Jari Litmanen bergabung dengan Barcelona. Di tim besar asal Spanyol itu, posisi Jari Litmanen yang semula seorang striker murni digeser menjadi second striker dan kerap juga berperan sebagai penyerang lubang. Hingga tahun 2001 di Barcelona, Jari Litmanen tampil sebanyak 21 kali dengan torehan 3 gol.

Liverpool menjadi tim berikutnya bagi Jari Litmanen. Hanya semusim bersama The Reds, Jari Litmanen mengoleksi 26 caps dan 5 gol. Setelah itu, pemain yang kerap mengenakan nomor 10 tersebut kembali ke Ajax Amsterdam hingga tahun 2004 dengan 20 kali penampilan dan 5 gol.

Usianya yang semakin senja membuat Jari Litmanen harus puas tampil bersama klub-klub medioker Eropa seperti Hansa Rostock, Malmo FF, Fulham, Lahti, dan HJK. Untuk tim nasional Finlandia, Jari Litmanen telah mengantongi caps sebanyak 137 kali dan mencetak 32 gol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda