Scroll to Top

Pengguna Smartphone Jarang Memanfaatkan Layanan Check-In?

By Melissa / Published on Wednesday, 07 Sep 2011

Meskipun saat ini smartphone banyak digunakan sebagai peta alias pencari lokasi dengan kemampuan GPS-nya, ternyata belum banyak pengguna smartphone yang memakai telepon mereka untuk berbagi lokasi.

Seperti dikutip dari Digital Trends, berdasarkan dari hasil studi yang dirilis hari ini (7/9) oleh Pew Internet dan American Life Project, hanya 12% dari pengguna smartphone yang memanfaatkan layanan berbagi lokasi seperti Foursquare dan Gowalla. Kelompok yang diteliti berjumlah 200o orang dengan rentang usia antara 18 – 29 tahun.

Dari hasil studi ini diketahui pula bahwa kelompok ini masih sungkan menggunakan smartphone untuk melakukan video call. Namun, 45% dari mereka mengaku menggunakan smartphone untuk mengunggah foto atau video ke layanan Facebook. 60% dari kelompok juga mengaku mereka menggunakan smartphone untuk social networking.

Meskipun demikian, hanya 9% dari kelompok yang mencantumkan lokasi mereka di Facebook, Twitter atau LinkedIn. Lebih dari 75% mengatakan bahwa mereka memakai smartphone untuk mengakses surel dan 80% menggunakan smartphone untuk mengirim foto atau video kepada teman mereka.

Sedikit bertentangan dengan keengganan para pengguna smartphone untuk memakai layanan check-in, lebih dari 50% subyek penelitian mengatakan bahwa mereka menggunakan smartphone untuk mencari arah dengan GPS dan membaca review suatu lokasi dengan bantuan layanan seperti Yelp.

Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengguna smartphone yang memanfaatkan layanan check-in masih sangat minim, yaitu sekitar 5% dari total pemilik smartphone.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memanfaatkan smartphone Anda untuk check-in melalui layanan berbagi lokasi seperti Foursquare, Gowalla atau Facebook Place?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda