Scroll to Top

Palapa-E, Satelit Indosat yang akan Segera Mengorbit

By Ditya / Published on Monday, 06 May 2013

Satelit

Indosat dikabarkan telah siap untuk mengorbitkan satelit baru yang mengusung nama Palapa-E. Operator telekomunikasi yang membesut kartu IM3 dan Mentari ini menggandeng Orbital Sciences Corporation untuk melakukan proses desain, produksi, dan peluncuran satelit Palapa-E.

Peluncuran satelit Palapa-E ini akan mendukung kemampuan penyedia layanan satelit Indosat yang berupa Transponder Lease sebagai basic service untuk memenuhi kebutuhan konektifitas korporasi dan pemerintahan.

Saat ini Indosat mengoperasikan dua buah satelit, yakni satelit Palapa-C2 di slot 150.5 BT dan satelit Palapa-D di slot 113 BT. Kedua satelit tersebut dikendalikan melalui stasiun bumi yang berlokasi di Jatiluhur, Jawa Barat.

Satelit Palapa-C2 sendiri diluncurkan pada tahun 1996 lalu, sedangkan satelit Palapa-D diluncurkan pada 31 Agustus 2009 dari lokasi peluncuran di Xichang, China. Saat ini, satelit Palapa-D ini dimanfaatkan sebagai sarana penyiaran bagi 3 operator TV berbayar nasional.

Berdasarkan rencana, satelit baru Indosat ini akan diluncurkan ke orbit pada tahun 2016 dan menggunakan slot 150.5 Bujur Timur (BT). Satelit Palapa-E ini kabarnya akan menjangkau seluruh wilayah Indonesia, ASEAN, dan Asis Pasifik. Mengenai kapasitas, Satelit Palapa-E ini akan terdiri dari transponder C-band standard & extended serta transponder Ku-band.

“Satelit ini nantinya untuk melayani keberlangsungan kebutuhan masyarakat atas layanan telekomunikasi serta mendukung Pemerintah dalam mempertahankan aset negara Republik Indonesia terkait slot orbit 150.5 BT.”

“Satelit ini juga akan menjadi bagian dari jaringan backbone untuk mendukung seluruh layanan Indosat, baik layanan seluler, telekomunikasi tetap, maupun data tetap,” kata Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat, seperti yang dilansir dari Detik (05/05/2013).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda