Scroll to Top

Google Glass Berisiko Merusak Mata?

By Ditya / Published on Monday, 06 May 2013

Google Glass

Kacamata canggih Google Glass kabarnya dapat berisiko merusak mata pada pengguna tertentu. Meski sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah mengenai dampak penggunaan kacamata augmented reality besutan Google ini, tapi raksasa internet ini mengatakan bahwa kacamata ini berpotensi merusak mata anak-anak.

“Jangan biarkan anak di bawah usia 13 tahun mengenakan Google Glass karena bisa merusak mata yang masih berkembang,” tulis Goolge dalam daftar FAQ untuk Google Glass.

Teknologi yang digunakan oleh Google Glass ini memang canggih, yakni dengan memproyeksikan tampilan visual antarmuka langsung ke bola mata manusia. Namun, ternyata hal ini disinyalir dapat merusak kesehatan indra penglihatan tersebut.

Tak hanya anak-anak, Google juga melarang pengguna yang perna menjalani operasi mata lasik untuk tidak menggunakan kacamata canggih Google Glass tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis mata. Saat ini memang belum diketahui dampak seperti apa yang ditimbulkan oleh kacamata canggih Google Glass ini.

Tak hanya itu, beberapa pengguna biasa atau pengguna dengan mata normal dikabarkan mengalami pusing-pusing dan kelelahan mata yang disebabkan oleh penggunaan kacamata Google Glass dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Seperti yang dilansir dari Kompas (05/05/2013), saat ini memang perlu penelitian lebih lanjut mengenai penggunaan kacamata canggih Google Glass ini untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh kacamata tersebut. Hal ini penting sebelum Google Glass dijual secara massal.

Saat ini Google Glass belum dijual untuk umum, dan hanya tersedia Google Glass Explorer Edition yang ditujukan untuk pengembang dan dijual dengan harga yang cukup mahal, yakni US $1500 atau sekitar Rp 14 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda