Scroll to Top

Indosat Tengah Kembangkan Aplikasi Pesan Instan Lokal Lintas Operator

By Ibnu Azis / Published on Monday, 06 May 2013

iPhone

Indosat tengah bersiap membangun sebuah platform komunikasi berbasis aplikasi pesan instan yang kini sedang digemari. Jika sesuai rencana aplikasi pesan instan lokal tersebut akan dirilis pada kuartal ketiga tahun ini.

Dengan menggandeng developer lokal yang memang dinaungi Indosat, aplikasi ini akan berkategori Rich Communication System. Diharapkan selain tak lagi menggunakan bandwith internasional, inovasi ini bisa menumbuhkan ekosistem aplikasi lokal.

Sumantri Joko Yuwono, Group Head Product & Marketing Support Indosat mengatakan jika saat ini proses yang ada masih dalam tahap seleksi. Idealnya, sebutnya, akan dirilis pada kuartal ketiga 2013. Demikian tulis Detik Senin (06/05/13).

Sementara itu menurut riset dari Ovum secara global, pendapatan operator selular saat ini tengah terpuruk. Ada dua hal yang menyebabkannya: merosotnya penggunaan SMS dan kian berkecambahnya layanan berbasis over-the-top (OTT) asing.

Secara global kerugian total operator telekomunikasi mencapai USD 58 miliar. Sedangkan di tahun 2012, pendapatan operator dari layanan SMS menukik tajam di angka USD 23 miliar. Kerugian ini masih terus berjalan dan alami puncaknya pada tahun 2016 nanti.

Operator seluler terkait sikapnya terhadap OTT memang serba salah. Di satu sisi layanan terebut dibutuhkan sebagai salah satu pemikat, di sisi lain bagai parasit, hanya menumpang dan tidak membangun jaringan.

Indosat sigap melihat fakta yang demikian. Operator ini lakukan inovasi cepat agar pengguna tidak terlalu adiksi dan bergantung dengan OTT asing. Lewat aplikasi pesan instan lokal inilah solusinya.

Ada tiga keuntungan nantinya jika aplikasi ini terealisasi. Pertama, operator tetap mendapat pemasukan dari SMS. Pesan yang ada nantinya akan dikonversi menjadi text-based messaging SMS.

Kedua, menghemat bandwith internasional sebab cukup gunakan lokal. Dan yang terakhir, menumbuhkan ekosistem aplikasi lokal di kalangan pengembang dalam negeri. Menariknya lagi, aplikasi ini bisa digunakan lintas operator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda