Scroll to Top

Youtube Siapkan Fitur Berlangganan Premium di Channel Tertentu

By Ibnu Azis / Published on Monday, 06 May 2013

Youtube

Jika menonton video di Youtube dikenakan biaya, apakah masih ada yang sudi nongkrong di situs berbagi video Google ini? Youtube dikabarkan telah siap rilis fitur berlangganan premium. Namun jangan khawatir dulu, fitur ini hanya pada channel-channel tertentu saja.

Mulanya kabar seputar paid subscriptions ini hanya sekadar wacana. Namun sejurus kemudian, menurut laporan Mashable, layanan premium ini sudah siap segera meluncur awal minggu ini.

The Financial Times menulis setidaknya disiapkan 50 kanal atau channel khusus premium dengan tarif berbayar USD 1,99 atau sekitar Rp 19 ribu per bulannya. Memang sangat terjangkau namun bayangkan jika yang berlangganan jutaan pengguna. Tinggal kalikan saja berapa keuntungan yang bakal diraup.

Dengan platform berbayar bisa menambah pundi-pundi pemasukan bagi Google. Sementara itu pendapatan ini pula juga bisa digunakan untuk membiayai produksi konten eksklusif yang kian beragam dari mitra Youtube.

Youtube sendiri enggan berkomentar lebih jauh dan membocorkan tanggal perilisan. Namun situs berbagi video ini dalam 18 bulan terkahir habiskan USD 200 juta guna memromosikan rencananya ke beberapa rumah produksi besar.

Sebagaimana diketahui sebelumnya beberapa hari lalu Youtube mengumumkan mampu menembus rekor enam miliar jam video tiap bulan. Dalam pada itu pula, Youtube juga menulis di blog-nya soal serangkain kerjasama dengan koorporasi besar terkait konten video.

Apakah kerjasama ini adalah ujung dari channel premium yang dimaksud? Bisa jadi demikian. Rumor soal fitur video berbayar Youtube sendiri sejatinya telah berhembus sejak bulan Januari lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda