Scroll to Top

FB Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental Pengguna

By Ibnu Azis / Published on Monday, 06 May 2013

Facebook

Para peneliti memeringatkan jika FB bisa memengaruhi kesehatan mental para pemakainya. Menurut para ahli, gangguan yang ada seperti delusi dan psikotik serta kecanduan internet yang terkait dengan komunikasi virtual.

Peneliti Israel mengemukakan jika seseorang bisa mengidap sejenis symptom yang membuat mereka kerap berkhayal. Ini diakibatkan oleh penggunaan internet sebagai media penghubung.

Dr Uri Nitzan dari Universitas Tel Aviv, Israel berujar, komunikasi berbasis web seperti Facebook dan obrolan grup berpengaruh besar dalam ganguan medis tersebut.

Untuk penelitian ini, para peneliti mempelajari tiga pasien yang terlibat dalam hubungan virtual intens untuk menghilangkan rasa kesepian mereka. Semua pasien memiliki masalah mendasar namun tidak satu pun dari mereka memiliki riwayat psikosis.

Ia mengatakan jika mayoritas pasiennya mengidap psikotik. Internet adiksi yang membuat mereka berimajinasi di dunia maya dalam lingkaran sosial pertemanan.

Studi tersebut menunjukkan bahwa meskipun hubungan virtual memberi dampak positif pada pasien pada awalnya, perasaan terluka, pengkhianatan, dan pelanggaran privasi kemudian terjadi.

Selain itu, masih menurut Uri Nitzan, meski tidak miliki sejarah gangguan mental namun dalam uji awal, pasien tetap alami kemurungan. Ini termasuk kecemasan dan rasa seperti kebingungan.

Akses internet, sebut peneliti Israel ini, kian mudah dan semakin meluas. Sebuah dimensi psikotik terbentuk dari gaya berkomunikasi seperti Facebook. Dari gaya ini pula pengguna bisa terjerumus ke gangguan mental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda