Scroll to Top

Facebook Blokir Path, Pengguna Tak Bisa Akses Find Friends

By Ibnu Azis / Published on Monday, 06 May 2013

Path

FB kembali lakukan aksi pemblokiran di salah satu aplikasi jejaring sosial. Kali ini yang jadi korban adalah Path. Facebook membatasi akses fitur Find Friends di opsi pencarian teman.

Menurut TechRadar Facebook batasi akses API mereka yang digunakan untuk menemukan teman-teman pengguna di jejaring sosial tersebut. Di versi aplikasi terbarunya, hanya ada opsi pencarian teman di Twitter, Gmail, dan kontak telepon.

Namun fitur berbagi atau meneruskan postingan Path ke Facebook masih tersedia. Sedangkan untuk pencarian teman dan memungkinkan pengiriman undangan (invite) teman Facebook untuk bergabung tak lagi dijumpai opsinya.

Menurut TechCrunch pembatasan social graph Facebook ditengarai atas perihal pengiriman pesan spam yang terjadi beberapa bulan terakhir. Sebuah aplikasi memungkinkan mengirim invitation ke kontak pengguna ponsel tanpa memerlukan izin.

Kasus yang dialami Stephen Wright bisa dijadikan contoh. Seluruh kontak teman di ponselnya menerima pesan dan bahkan lakukan panggilan otomatis meski aplikasi yang ia install telah dihapus. Facebook meski belum memberi alasan pembatasan API mereka diduga kuat karena alasan ini.

Facebook sendiri bukan sekali dua kali memblokir layanan pihak ketiga yang menurut mereka tidak aman. Tatkala Vine dirilis Twitter, aplikasi video enam detik ini tak bisa diteruskan ke Facebook. Jejaring sosial ini juga pernah memblokir aplikasi Vintage Camera.

Path sendiri kini miliki sekitar 10 juta pengguna aktif. Jejaring sosial yang fokus di ranah mobile ini didirikan oleh Dave Morin yang kebetulan adalah mantan karyawan Facebook. Di jejaring sosial terebut ia pernah menjabat sebagai Co-Inventor of Platform and Connect.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda