Scroll to Top

Jalankan iOS Dari Android Atau PC Dengan iEmu

By Ivan Azzam / Published on Wednesday, 07 Sep 2011

Pernah terbayangkan menjalankan iOS di smartphone/tablet Android anda? Mungkin saja jika iEmu berhasil dikembangkan.

Chris Wade, pengembang di balik iEmu, sedang  mengusahakan virtualisasi berbasis QEMU yang bisa membuat perangkat lain (smartphone/tablet Android, PC dengan Linux atau Windows, bahkan perangkat iOS lain) untuk mengemulasikan hardware Apple dan melakukan boot iOS. Meski dukungan terhadap chip Samsung A4 telah hadir beserta iOS bootloader dan kernel juga akan sejalan. Yang masih perlu diemulasikan adalah iPhone/iPad hardware (touch input controller, audio system, GPU, dan USB controller)

Sebenarnya melakukan dual-boot terhadap Android di iPhone mungkin saja karena ada iPhoDroid. Namun masalah utamanya adalah, karena iOS berupa sumber tertutup maka mengemulasikan hardware merupakan jalan terbaik.

Jika sudah berhasil dalam mengemulasikan hardware ini, maka Wade akan bisa boot iOS dan memuat aplikasi iOS di perangkat virtual. (via Geek)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda