timnas indonesia rahmad darmawan jacksen f tiago

PSSI akhirnya secara resmi menetapkan para pelatih yang akan menukangi Timnas Indonesia dari segala jenjang usia, yaitu meliputi Timnas Indonesia senior, Timnas Indonesia U-23, Timnas Indonesia U-19, Timnas Indonesia U-16, dan Timnas Indonesia U-14. Keputusan tentang penetapan jajaran pelatih Timnas Indonesia tersebut menjadi hasil dalam rapat Exco PSSI yang digelar di Jakarta, Senin (6/5/2013).

Adapun susunan pelatih Timnas Indonesia yang resmi ditetapkan oleh Exco PSSI adalah: Jacksen F. Tiago sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia senior, Rahmad Darmawan (RD) sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-23, kemudian ada Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-19, lalu Sutan Harhara dan Mundari Karya yang masing-masing ditunjuk sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-16 dan Timnas Indonesia U-14..

“Kami sudah mendengar pemaparan dan rapat dengan Jacksen F. Tiago dan Rahmad Darmawan. SK (Surat Keputusan) sudah dikeluarkan. Begitu pula dengan pelatih timnas U-19,” jelas ujar Sekretaris Badan Tim Nasional (BTN), Sefdin Saefudin.

Adapun hasil rapat Exco PSSI terkait penunjukan pelatih Timnas Indonesia adalah sebagai berikut:

Timnas Indonesia Senior
Pelatih: Jacksen F Tiago
Manajer: Rudy Maswi
Asisten Pelatih: Jacksen F. Tiago yang Berhak Menentukan
Timnas Indonesia U-23
Pelatih: Rahmad Darmawan
Asisten Pelatih: Aji Santoso, Satya Bagja, Alan Haviludin, Edy Harto, Yeyen Tumena
Timnas Indonesia U-19
Pelatih: Indra Sjafri
Timnas Indonesia U-16
Pelatih: Sutan Harhara
Timnas Indonesia U-14
Pelatih: Mundari Karya

Dengan keputusan resmi ini, berarti nama-nama pelatih lain yang sebelumnya sempat mencuat untuk melatih Timnas Indonesia pun dipastikan tersingkir, seperti yang dialami oleh Luis Manuel Blanco dan Alfred Riedl yang selama ini masuk ke bursa kandidat calon pelatih Timnas Indonesia.