Scroll to Top

Peretas Mungkin Mengincar Mobil Sebagai Sasaran Baru

By Ivan Azzam / Published on Wednesday, 07 Sep 2011

Meretas (hacking) komputer itu biasa, tapi meretas sebuah mobil? Baru luar biasa.

Sistem mobil yang semakin canggih mungkin memicu kerentanan baru, menurut sebuah studi yang baru ini dirilis oleh McAfee yang memiliki rekanan Wind River dan Escrypt. Sistem semacam itu bisa membuat peretas (hacker) mengambil alih mobil, melacak lokasinya, bahkan mengakses perangkat yang terpasang pada mobil tersebut dan mengambil data penting dalam perangkat yang terhubung (smartphone dan semacamnya).

Ancaman potensial semacam ini muncul sebagaimana para peretas tersebut juga berniat menyerang perusahaan, pejabat penting dan semacamnya. Ambil contoh kelompok peretas Anonymous yang cukup menyusahkan dan merilis informasi rahasia.

Dan ancaman semacam itu bisa hadir di mobil anda. Selain itu, industri nirkabel juga terus mencari cara bagaimana menghubungkan perangkat anda ke kendaraan, agar bisa memonitor sistem keamanan dan kondisi mesin, atau memberi hiburan pada pengemudi dan penumpang.

Sebagaimana fungsi yang terus bertambah dan dihubungkan dengan teknologi digital dari otomotif, sama juga halnya dengan ancaman serangan yang berbahaya, sebagaimana dikutip dari pernyataan Stuart McClure, eksekutif di McAfee.

Contoh yang diberi misalnya, bagaimana ahli keamanan dari bermacam universitas dari seluruh negara di dunia bisa mematikan mobil, atau menggunakan koneksi Bluetooth untuk mencuri data pribadi.

Maka dari itu, industri otomotif juga secara aktif membuat solusi terhadap masalah semacam ini, dikutip dari pernyataan Georg Doll, perwakilan dari Wind River.

Perusahaan pembuat kendaraan harus memecahkan bentrokan antara mengimplementasikan mekanisme keamanan tanpa mengorbankan kenyamanan pengguna, dikutip dari Stefan Goss, profesor Teknologi Otomotif di Osfalia University of Applied Sciences. (via CNET)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda