Scroll to Top

Michael Widenius: Oracle akan Bunuh MySQL

By Ditya / Published on Tuesday, 07 May 2013
MySQL
MySQL

Baru-baru ini pendiri proyek DBMS (Database Management System) open source populer MySQL, Michael Widenius “Monty” mengklaim bahwa Oracle akan membunuh MySQL. Tak hanya itu, Michael Widenius juga mengatakan pada pengguna DBMS open source MySQL untuk migrasi ke MariaDB.

Mengapa Michael Widenius ini mengatakan bahwa Oracle akan membunuh MySQL? Dalam sebuah wawancara dengan pendiri MySQL ini, ia mengatakan bahwa Oracle telah melakukan banyak kesalahan pada DBMS MySQL dan hal ini membuat popularitas MySQL kian menurun.

Michael Widenius mengatakan beberapa kesalah Oracle, antara lain adalah munculnya ekstensi “enterprise” yang menyebabkan MySQL menjadi sebuah DBMS tertutup dan tak open source lagi. Hal ini mengakibatkan jika ada bug yang muncul tak lagi diketahui oleh umum dan selain itu, Oracle juga tak lagi memperbarui repositori publik MySQL.

Pendiri MySQL ini juga mengatakan bahwa masalah keamanan yang terjadi tidak dikomunikasikan dengan baik dan Oracle malah lebih memilih menghapus sebuah fitur daripada memperbaiki bug atau kesalahan program. Cara seperti ini memang tak selamanya buruk menurutnya.

Widenius juga menambahkan bahwa masyarakat umum tak akan dapat menjadi bagian dari pengembang MySQL setelah dibawah kendali Oracle, karena tak akan mendapat patch, tak memiliki roadmap pengembangan, dan tak ada kesempatan untuk berdiskusi mengenai pengembangan MySQL di masa depan. Hal ini karana kontrol MySQL oleh Oracle cukup kuat.

Seperti yang dilansir dari Fudzilla (06/05/2013), Michael Widenius juga mengatakan bahwa MySQL telah populer sejak sebelum diakuisisi oleh Sun, kemudian semenjak Sun di akuisisi oleh Oracle, popularitas MySQL merosot tajam. Kini pendiri MySQL menyarankan pada pengguna untuk beralih menggunakan DBMS MariaDB.

Apakah MySQL akan bernasib sama seperti OpenOffice.org?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda