Scroll to Top

LinkedIn Genap Berusia 10 Tahun

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 07 May 2013

LinkedIn

Pada tanggal 5 Mei 2003, situs jejaring sosial profesional pekerja LinkedIn dirilis. Dan lusa kemarin, situs yang didirikan oleh Reid Hoffman ini genap berusia satu dasawarsa atau 10 tahun.

Sepuluh tahun yang lalu Reid Hoffman memulai ide LinkedIn dari ruang tamu rumahnya. Ia berandai-andai menghubungkan para profesional di dunia  agar mereka lebih produktif dan sukses dalam bekerja.

Di akhir tahun 2002, ia merekrut beberapa teman dari PayPal dan SocialNet. Tak perlu menunggu lama, satu semester kemudian Reid Hoffman me-launching LinkedIn dengan jargon relationship matter.

Pada bulan pertama LinkedIn hanya miliki sekitar 4.500 pengguna saja. Kini jumlahnya capai jutaan dan seakan jadi sebuah kewajiban seorang profesional miliki akun LinkedIn.

“Hari ini ratusan juta profesional di seluruh dunia terhubung di LinkedIn dan menemukan pekerjaan idaman mereka,” tulis Reid Hoffman.

Kini LinkedIn miliki 225 juta pengguna dengan jumlah karyawan mencapai 3.700 orang. Perusahaan yang berbasis di Mountain View, California, Amerika Serikat ini miliki rekor dua pengguna baru per detiknya.

LinkedIn juga telah memutuskan melantai bursa dan lakukan IPO go public pertama pada Mei 2011 lalu di Bursa Efek New York. Kala itu saham LKND melonjak hingga 109 persen di hari pertama.

Soal pemasukan, pada tahun 2012 lalu LinkedIn ditaksir peroleh revenue hingga USD 972 juta. Pendapatan ini dari pelbagai sektor termasuk iklan yang bermitra dengan Google Adsense.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda