Scroll to Top

Twitter Ber-Follower Banyak Rentan Kena Retas

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 07 May 2013

Twitter iPad

Peretas memang tak punya filter. Apa saja yang menarik bisa saja mereka bobol demi kepentingan atau tujuan tertentu. Namun menilik dari kasus peretasan yang terjadi, akun Twitter ber-follower banyak, miliki resiko tinggi teretas dibanding yang berpengikut minim.

Fakta di lapangan memang menunjukkan data yang demikian. Sejumlah akun Twitter media top Amerika Serikat yang dibobol miliki ciri yang sama, rata-rata jumlah follower-nya jutaan.

Twitter sendiri juga tidak turun tangan tanpa berbuat apa-apa. Microblogging ini telah berikan semacam warning jika akun Twitter populer dan miliki follower berjibun rentan akan kasus peretasan.

Akun yang dimaksud Twitter juga termasuk milik para selebritis. Sebut saja akun Twitter paling top sejagat Justin Bieber. Dan apa yang diwanti-wanti Twitter jadi kenyataan.

Kasus peretasan terbaru melanda akun media infotaintment E! Online. Sebelumnya kasus yang ada menyandera akun CBS, 60 Minutes, The Guardian, dan Associated Press.

Di kasus terkini, peretasan media E! Online, pihak yang mengaku hacker Syrian Electronic Army menklaim bertanggung jawab. Bahkan mereka telah menetapkan calon korban-korban selanjutnya akun para pesohor dunia.

Sementara itu beberapa waktu yang lalu Twitter berencana terapkan verifikasi dua langkah. Cara ini digunakan untuk meminimalisir kasus peretasan yang ada.

Meski dibilang canggih namun cara ini sejatinya kuno. Gmail, Facebook, Yahoo!, dan terakhir Microsoft jauh-jauh hari telah terapkan sistem keamanan berlapis ini di akun para penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda