Scroll to Top

Instagram Pilih FB Ketimbang Twitter Bukan Murni Karena Uang

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 07 May 2013

Kevin Systrom

Apa yang membuat Kevin Systrom ‘jatuh hati’ pada Mark Zuckerberg ketimbang Jack Dorsey? Bukan uang atau pula kemewahan. Instagram berlabuh ke FB atas azas ‘kebebasan’. Mungkin ini yang tidak dilihat Kevin Systrom di proposal yang diajukan Twitter.

Sejatinya Twitter telah lebih dulu menawar Instagram. Jack Dorsey kala itu menyodorkan dana hingga USD 520 juta. Kevin Systrom kemudian berpaling ke Mark Zuckerberg yang membawa gerbong lebih besar senilai USD 1 miliar. Apakah ini hanya terkait soal uang?

Umumnya akuisisi perusahaan kecil oleh perusahaan besar di Silicon Valley akan membunuh produk perusahaan yang diakuisisi. Perusahana besar hanya mengambil teknologinya dan sejumlah SDM yang diperlukan. Mark Zuckerberg kala itu berujar pada Kevin Systrom jika ia akan memeroleh ‘kebebasan’.

Pendiri Facebook ini sejatinya kerap kali berujar jika tatkala ia mengakuisisi perusahaan maka yang dicomot hanya teknologi dan orangnya (insinyur) saja bukan produknya. Akan tetapi perlakuan ke Instagram sangat berbeda. Inilah yang membuat Kevin Systrom ‘jatuh hati’.

Apa yang dijanjikan Mark Zuckerberg soal ‘kebebasan’ ini memang terbukti. Produk Instagram tetap ada dan seolah-olah Facebook justru melengkapi infrastrukturnya. Sebut saja situs baru Instagram yang kini miliki news feed seperti Facebook.

Proses akuisisi Instagram sendiri terkait nilai justru jatuh hampir USD 300 juta akibat IPO. Mulanya Facebook menawar USD 1 miliar dan pasca melantai bursa nilai akuisisi turun di angka USD 715 juta. Jack Dorsey sendiri mencoba merayu Instagram kala itu dengan mahar USD 520 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda