Scroll to Top

Intel Perkenalkan Silvermont, Generasi Terbaru Atom

By Ditya / Published on Tuesday, 07 May 2013

Intel Silvermont

Produsen prosesor x86 terbesar, Intel, secara resmi telah memperkenalkan mikroarsitektur prosesor baru bernama Silvermont yang digunakan pada prosesor Atom generasi baru. Intel mengklaim bahwa Silvermont ini memiliki kinerja 3x lebih cepat dan 5x lebih hemat daya jika dibandingkan dengan prosesor Intel Atom yang ada saat ini.

Prosesor Intel Atom yang menggunakan basis Silvermont ini diproduksi menggunakan proses fabrikasi 22nm dan ditargetkan untuk perangkat mobile yang mengedepankan konsumsi daya yang rendah, seperti smartphone, tablet, infrastruktur jaringan, dan mikroserver.

“Silvermont adalah lompatan besar dan teknologi dasar yang sama sekali baru untuk masa depan yang akan membidik berbagai produk dan segmen pasar.”

“Pengambilan sampel awal SOC 22nm kami, termasuk “Bay Trail” dan “Avoton” sudah mengumpulkan umpan balik positif dari kami pelanggan. Ke depan, kami akan mempercepat generasi masa depan dengan konsumsi daya yang lebih rendah,” kata Dadi Perlmutter, wakil presiden dan kepala bagian produk Intel.

Produk dengan prosesor Intel Atom berbasis Silvermont ini diharapkan akan mulai hadir di pasar pada akhir tahun 2013 ini. Intel Silvermont dirancang untuk meningkatkan performance-per-watt yang dibuat dengan proses fabrikasi 22nm dengan teknologi tri-gate transistor yang mampu memberikan peningkatan kinerja yang siginifikan dan konsumsi daya yang rendah.

Intel telah menyiapkan pelbagai kelas produk prosesor berbasis mikroarsitektur Silvermont ini, yakni Bay Trail, Merrifield, dan Avoton. Bay Trail membidik pasar tablet, laptop dan komputer hemat energi. Bahkan Laptop murah yang dijanjikan Intel menggunakan prosesor Bay Trail ini.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (06/05/2013), sedangkan Merrifield membidik pasar smartphone yang diperkirakan akan mulai muncul pada akhir tahun ini. Sedangkan Intel Avoton membidik pasar industri dan mikroserver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda