Scroll to Top

Pemilu Malaysia: Barisan Nasional Menang, Ada Kecurangan?

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 07 May 2013

Pemilu Malaysia Barisan Nasional Menang, Ada Kecurangan

Barisan Nasional, koalisi pemerintah, berhasil menang dalam Pemilu Malaysia pada Minggu, 5 Mei 2013. Perdana menteri Najib Razak akan memasuki masa jabatan keduanya setelah dilantik Senin, 6 Mei 2013. Sementara itu, pimpinan kelompok oposisi, Anwar Ibrahim mengindikasikan terjadinya kecurangan dalam pemilu kali ini. Amerika Serikat sendiri, menyerukan kekhawatiran yang serupa dengan Pakatan Rakyat.

Koalisi Barisan Nasional (BN) memang berhasil kembali memenangi Pemilu Malaysia tahun 2013 ini. Namun, mereka hanya mendapatkan 133 dari 222 kursi parlemen yang diperebutkan. Hasil ini adalah yang terburuk bagi BN dalam 56 tahun terakhir. Pada pemilu sebelumnya, yang digelar pada 2008, BN mendapatkan 140 kursi. Artinya, terjadi penurunan 7 kursi.

Penurunan ini tak terlepas dari peranan warga etnis China dan Melayu yang mulai kehilangan simpati kepada Barisan Nasional. Sebaliknya, mereka memandang program-program koalisis oposisi yang dipimpin Anwar Ibrahim lebih transparan.

Sementara itu, Anwar Ibrahim yang koalisinya mendapatkan 89 kursi, menuding adanya kecurangan dalam pemilu kali ini. Hal ini tak terlepas dari ditemukannya bukti-bukti berupa adanya penerbangan para calon pemilih ke daerah pemilihan yang menjadi persaingan BN dengan Pakatan Rakyat. Disinyalir bahwa inilah taktik untuk membuat calon dari kubu penguasa menang.

Namun, ketua Komisi Pemilu, Abdul Aziz Yusof menegaskan hal ini legal-legal saja, selama pemilih tidak (secara langsung) diminta memilih partai tertentu.

Amerika Serikat sendiri, telah menyampaikan pernyataan yang memuji sekaligus mengkritik hasil pemilu Malaysia. Melalui juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Patrcik Ventrell, Negeri Paman Sam mengucapkan selamat atas kemenangan Barisan Nasional.  Di sisi lain AS mengkhawatirkan kemungkinan penyimpangan pemilu, dan meminta semua pihak menghormati hasil pemungutan suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda