Scroll to Top

Barcelona Terpecah Jadi Dua Kubu

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 07 May 2013

Barcelona Terpecah Jadi Dua Kubu

Barcelona harus menyongsong era baru. Tak lagi terlalu tergantung dengan Lionel Messi, memiliki rencana B jika penguasaan bola tak berfungsi, dan memiliki benteng pertahanan kokoh. Demikian yang dikatakan banyak orang. Namun, disinyalir oleh AS, media Spanyol, muncul riak-riak kecil di klub Catalan tentang seperti apa era baru tersebut.

Setidaknya, kubu Camp Nou terbelah menjadi dua kelompok. Pertama, mereka yang meyakini bahwa perlu ada revolusi besar-besaran untuk membenahi klub. Mereka yang sepakat dengan perombakan besar-besaran ini dipimpin oleh Presiden klub saat ini, Sandro Rosell.

Konon, Rosell tengah berancang-ancang melakukan pembersihan. Demi mendapatkan stok pemain baru, stok punggawa yang hanya merupakan beban berlebih Barcelona, harus dikeluarkan. Beberapa di antara nama yang ingin dilepas sang pesiden, adalah Victor Valdes, Cesc Fabregas, Alexis Sanchez, David Villa, Eric, Abidal, dan Dani Alves.

Sementara itu, di kubu seberang Sandro Rosell, terdapat pelatih Tito Vilanova dan direktur olahraga Andoni Zubizaretta. Kedua orang ini sepakat bahwa maksimal, yang dibutuhkan Barcelona hanyalah satu-dua pemain baru. Maksimal, tiga pemain. Mereka juga yakin, Victor Valdes masih bisa dipertahankan hingga musim depan (musim terakhir kontrak sang kiper), serta berharap pada Cesc Fabregas.

Para pemain sendiri, juga terbagi dalam dua kubu ini, meski samar. Semisal, Gerard Pique yang meyakini bahwa “perubahan (besar) dibutuhkan oleh tim”. Ia, dengan demikian, ada di kubu Sandro Rosell. Tito Vilanova sendiri mengkritik Pique dengan halus  dengan menyatakan, Pique mungkin yakin dirinya tidak termasuk orang yang akan tergusur oleh perubahan besar tersebut.

Permasalahan ini, mungkin terkesan ringan, tapi bisa menjadi besar di kemudian hari. Perubahan di Barcelona, itu pasti. Namun, perubahan yang seperti apa yang akan terjadi? Kubu mana yang akan ‘menang’?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda