Scroll to Top

Satu Lagi Pemain Timnas Indonesia yang Mungkin ke Thailand

By Aditya / Published on Thursday, 09 May 2013

Kim Kurniawan Irfan Bachdim

Penyerang Timnas Indonesia, Irfan Bachdim, telah mencatatkan diri sebagai pesepakbola Indonesia pertama yang merumput di Thailand. Setelah Irfan Bachdim yang bermain untuk Chonburi FC, kemungkinan ada satu pemain Timnas Indonesia lagi yang juga bakal berkiprah di negeri Gajah Putih. Siapakah punggawa Timnas Indonesia yang disebut-sebut akan hijrah ke Thailand itu? Ia adalah Kim Kurniawan, anggota Timnas Indonesia U-23.

Kim Kurniawan, yang juga adik ipar Irfan Bachdim, saat ini masih tercatat sebagai pemain Persema Malang, klub peserta kompetisi Indonesia Premier League (IPL). Namun, manajemen Laskar Ken Arok tampaknya akan melakukan pengurangan terhadap gaji Kim Kurniawan karena krisis finansial yang masih membelit tim.

Apabila pemain naturalisasi tersebut bersedia dikurangi gajinya, maka Persema tetap akan mempertahankannya. Sebaliknya, jika Kim Kurniawan menolak, maka gelandang muda berdarah Jerman-Indonesia itu dipersilakan hengkang.

“Tapi kalau bersedia gajinya diturunkan, bisa jadi manajemen akan mempertahankannya,” ujar asisten manajer Persema, Dito Arif, di Malang belum lama ini.

Dito Arif melanjutkan, jika menolak bertahan, ia memprediksi Kim Kurniawan akan hijrah ke salah satu klub peserta Liga Primer Thailand, menyusul Irfan Bachdim yang sebelumnya juga menjadi salah satu bintang di Persema.

“Kalau menurut saya, kemungkinan Kim akan ke Thailand,” kata Dito Arif.

Klub Thailand yang menaungi Irfan Bachdim saat ini, Chonburi FC, disebut-sebut tertarik untuk merekrut Kim Kurniawan. Jika hal itu terwujud, maka Kim Kurniawan akan kembali bahu-membahu bersama Irfan Bachdim seperti saat di Persema dulu.

Bernama lengkap Kim Jeffrey Kurniawan, gelandang berusia 23 tahun ini dilahirkan di Muhlacker, Jerman, pada tanggal 23 Maret 1990. Kim Kurniawan menjadi salah satu pemain keturunan Indonesia pertama, bersama Irfan Bachdim, yang menjadi WNI karena ingin memperkuat Timnas Indonesia.

Kim Kurniawan baru mengoleksi 1 caps bersama Timnas Indonesia U-23 di ajang resmi karena ia lebih sering berada di bangku cadangan timnas. Meskipun demikian, faktor usia yang masih muda sangat memungkinkan bagi Kim Kurniawan untuk terus menambah jam terbangnya di skuat Garuda.

Kakek Kim Kurniawan yang seorang keturunan Tionghoa, Kwee Hong Sing, adalah pemain Timnas Indonesia di era 1950-an,selain juga pernah menjadi bintang Persija Jakarta di masa itu. Sekedar catatan, kakak perempuan Kim Kurniawan, yakni Jennifer Kurniawan, adalah istri Irfan Bachdim. Pasangan ini menikah pada tanggal 8 Juli 2011 silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda