Scroll to Top

Facebook Bersiap Akuisisi Aplikasi Social Mapping Senilai USD 1 Miliar

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 09 May 2013

Waze

Rasanya belum lama Facebook gelontorkan 1 miliar dolar kala mencaplok Instagram. Kini jejaring sosial populer sejagat tersebut dikabarkan tengah bersiap lakukan akuisisi dengan nilai yang sama ke sebuah aplikasi social mapping Wave.

Aplikasi pemetaan sosial dan navigasi ini dikabarkan ditawar Facebook di angka USD 800 juta hingga USD 1 miliar. Sedangkan untuk negosiasinya sendiri ternyata sudah berjalan sejak enam bulan yang lalu.

Menurut Techcrunch, yang menjadi kendala apakah Facebook akan tetap ‘menjaga’ Wave di Israel atau dibawa ke Amerika seperti dua perusahaan yang diakuisisi sebelumnya, Snaptu (USD 70 juta, Maret 2011) dan Face.com (USD 50-60 juta, Juni 2012).

Sedangkan dari kedua belah pihak sendiri kompak untuk bungkam suara. Baik Facebook dan Wave, dua juru bicara mereka enggan memberi tanggapan dan tidak mau mengomentari spekulasi.

Lantas apa sejatinya layanan Wave yang membuat Facebook terpikat? Wave sendiri miliki produk sejenis layanan komunitas berbasis mapping, trafik, dan navigasi (GPS). Secara sederhana Wave mirip dengan jejaring sosial berbasis lokasi.

Facebook sendiri sejatinya telah membangun layanan lokasi dengan cukup serius. Jejaring sosial ini juga miliki fitur check-in dan yang paling baru adalah nearby. Sejumlah fitur yang bisa dikatakan seranah dengan Wave.

Wave tersedia aplikasinya untuk platform Android dan iOS. Selain bisa mencari rute terdekat dan navigasi, pengguna bisa berbagi social mapping dengan pengguna lain. Konon aplikasi ini miliki sekitar 40 juta pengguna.

[youtube width=”600″ height=”300″]y_7yoEUrVhw[/youtube]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda