Scroll to Top

Manchester United: 10 Fakta Tentang David Moyes

By Wan Faizal / Published on Friday, 10 May 2013

Fergie-Moyes

Nama David Moyes memang sudah tak asing lagi bagi penggemar Liga Inggris. Selama lebih dari satu dekade terakhir, Moyes adalah juru taktik Everton dan mulai musim depan ia akan membesut Manchester United. Lalu, fakta-fakta apa lagi mengenai Moyes yang harus diketahui fans Red Devils?

  • Moyes mempunyai nama lengkap David William Moyes. Lahir di Bearsden, Glasgow, pada 25 April 1963, atau kini tengah menginjak usia 50 tahun. Sama seperti Sir Alex, Moyes terlahir dari kelas pekerja di Glasgow.
  • Moyes punya anggota keluarga yang pernah berkecimpung di dunia sepakbola. Ayahnya, David Sr., adalah pemandu bakat di Everton dan sebelumnya adalah pelatih di Drumchapel Amateurs, klub masa muda Moyes. Sementara saudara sepupu Moyes, Dessie Brown, bekerja sebagai sekretaris di Coleraine Football Club, sebuah klub semi-profesional di Irlandia Utara.
  • Sama seperti Sir Alex, Moyes juga pernah membela Dunfermline Athletic pada 1990-1993. Fergie sendiri pernah bermain di klub itu pada 1964-1967. Keduanya juga pernah sama-sama bermain bagi klub asal Glasgow. Moyes bagi Celtic, dan Fergie di Rangers.
  • Selama 19 tahun berkarier sebagai pebola, ada tujuh klub yang pernah dibela Moyes, yakni Glasgow Celtic, Cambridge United, Bristol City, Shrewsbury Town, Dunfermline Athletic, Hamilton Academical, dan Preston North End. Total Moyes bermain dalam 550 pertandingan meski tak sekalipun merasakan seragam Timnas Skotlandia.
  • Hanya ada dua klub yang pernah dilatih Moyes, yakni Preston North End dan Everton. Jumlah tersebut akan mengembang menjadi tiga pada awal Juli nanti saat ia resmi menjadi manajer Manchester United.
  • Pada usia 22 tahun, Moyes diceritakan sudah mulai menimba ilmu kepelatihan meski masih berstatus sebagai pemain. Ia sering mencatat dan menyimpan strategi yang diungkapkan manajernya. Hal tersebut ternyata sangat berguna bagi Moyes karena di usia 35 tahun, ia sudah menjabat sebagai pemain merangkap manajer di Preston North End.
  • Pertama kalinya Moyes menjabat sebagai manajer tetap adalah pada 1998 bersama Preston. Saat itu ia berhasil menyelamatkan klub dari ancaman degradasi ke kasta keempat sepakbola Inggris. Dua musim kemudian, Moyes membawa Preston meraih gelar juara Divisi Dua.
  • Moyes merupakan manajer terloyal ketiga di Premier League saat ini. Masa baktinya yang berusia 11 tahun bersama Everton hanya kalah dari Fergie dan manajer Arsenal, Arsene Wenger.
  • Moyes pernah meraih penghargaan Manager of the Year tiga kali pada 2003, 2005, dan 2009. Sementara pada gelaran bulanan atau biasa disebut sebagai Manager of the Month, Moyes pernah meraihnya dalam 10 kesempatan.
  • Selama berkarier sebagai manajer, Moyes pernah bersua dengan tim asuhan Fergie sebanyak 24 kali. Sayangnya, tim Moyes hanya bisa menang tiga kali. Namun Moyes juga pernah membukukkan prestasi besar dengan mencatat salah satu comeback terbesar yang pernah terjadi di Old Trafford. Pada April 2012 lalu, Moyes membawa Everton bermain imbang 4-4 di markas United setelah sebelumnya sempat tertinggal 4-2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda