Scroll to Top

GMO Registry Akan Pasarkan [dot]id Ke Pasar Global

By Moch Ridwan / Published on Thursday, 08 Sep 2011
.id segera dijual bebas

Berita gembira bagi para pebisnis online baik korporat maupun personal yang sering melakukan pembelian domain Country Code Top Level Domain (ccLTD). Sebentar lagi .id akan dapat diperjual belikan secara bebas di kancah internasional.

Kominfo yang selama ini menunjuk Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) untuk mengoperasikan ccTLD (id) telah memilih GMO Internet Group Registry Service untuk mempromosikan pertumbuhan internet di Indonesia serta mengembangkan pemasaran .id di kancah dunia. Kemitraan ini secara ekslusif didukung oleh partner lokal yaitu PT Telematika-Mitrakreasi.

“PANDI berencana untuk mempromosikan dan mempercepat pertumbuhan industri internet. Kami percaya bahwa kemitraan dengan GMO Registry dapat membantu kami untuk mensuport industri internet di Indonesia berkembang lebih jauh lagi,” tutur Chairman PANDI, Andi Budiansyah.

GMO Internet Group merupakan perusahaan yang lebih dari sepuluh tahun berpengalaman di industri registrasi domain terakreditasi ICANN. GMO Registry akan bertanggung jawab untuk mengembangkan kebijakan registrasi standar sesuai aturan global, menyebarluaskan .id keseluruh penjuru dunia, meningkatkan efisiensi operasi, serta menyediakan pelayanan konsultasi terhadap seluruh aspek operasi registrasi domain.

“Kami merasa tersanjung berkesempatan berkontribusi untuk perkembangan komunitas internet di Indonesia, yang kami percaya bisa membawa dampak yang nyata terhadap pertumbuhan ekonomi dan teknologi di Indonesia,” demikian penjelasan Direktur Eksekutif GMO Registry, Hirokatsu Ohigashi.

Proses transisi diperkirakan dimulai Oktober tahun ini kemudian diikuti dengan pengenalan sistem registry .id. Karakter domain .id ini nantinya bisa digunakan sebagai perwakilan kata ‘identifikasi’ atau ‘identitas’ seperti layaknya .com yang dipakai untuk kepentingan komersial atau .xxx untuk kepentingan konten khusus dewasa.

PANDi melaui sius penjualan domainnya selama ini sudah menjual domain tingkat dua diantaranya .ac.id, co.id, or.id, net.id, do.id, web.id, sch.id dan mil.id.

One thought on “GMO Registry Akan Pasarkan [dot]id Ke Pasar Global”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda