Scroll to Top

Hacker Total Bobol Rp 438 Miliar dari ATM di Seluruh Dunia

By Ibnu Azis / Published on Friday, 10 May 2013

Hacker ATM

Jaksa Federal Amerika Serikat menyebut delapan orang hacker sebagai tersangka dalam bagian sebuah organisasi cybercrime global. Mereka bertanggung jawab atas pencurian dana USD 45 juta atau sekitar Rp 438 miliar dari ATM di seluruh dunia.

Tujuh dari delapan tersangka dinyatakan telah ditangkap. Sedangkan tersangka ke-8 dilaporkan telah terbunuh di Republik Dominika pada bulan lalu. Demikian tulis Mashable.

Delapan orang ini diduga berkerjasama dengan hacker lainnya, dua kali terindikasi masuk ke sistem komputer perusahaan pengolahan kartu kredit, mencuri data kartu ATM, dan menarik dana melebihi batas rekening akun nasabah. Tehnik mereka dikenal dengan sebutan ‘unlimited operation’.

“Seperti dituntut dalam surat dakwaan, terdakwa dan rekan konspirator berpartisipasi dalam pencurian terbesar di internet di abad ke-21 di seluruh dunia,” ujar Jaksa Amerika Serikat Loretta Lynch E dalam sebuah pernyataan.

Masih menurut jaksa tersebut, mereka bekerja sangat cepat dan berhasil menggondol jutaan dolar dari ATM dalam hitungan jam. Pihak berwenang menyakini salah satu kejahatan besar mereka dilakukan pada bulan Desember tahun lalu dan di bulan Februari 2013.

Pada operasi bulan Desember lalu mereka menargetkan korban pada pemegang kartu kredit di Uni Emirat Arab dengan libatkan 4.500 transaksi ATM di hampir 20 negara. Terdakwa yang kini menghuni di sel New York ini dituduh lakukan 750 transaksi dengan nilai setara USD 400.000.

Sedangkan pada operasi bulan Februari lalu aksi yang sama dilakukan di Oman dan New York dengan berhasil menggondol dana hingga USD 2,4 juta di 3.000 penarikan mesin ATM. Delapan tersangka ini terancam hukuman masing-masing 10 tahun penjara untuk kasus money laundering (pencucian uang) dan 7,5 tahun penjara untuk dakwaan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda