Scroll to Top

FBStalker26.com, Situs Phishing Ini Mengincar Pengguna FB

By Ibnu Azis / Published on Friday, 10 May 2013

Facebook Phishing

Situs FBStalker26.com ditengarai sebagai web phishing yang mengincar data pengguna FB. Situs ini memanfaatkan salah satu fitur kondang Friendster, siapa saja yang telah mengintip profil pengguna Facebook.

FBStalker26.com menklaim miliki fitur yang memungkinkan pengguna FB mengetahui siapa saja yang telah melihat profil mereka. Fitur ini sejatinya tidak ada dan Facebook sendiri tidak miliki kemampuan untuk itu.

Modus seperti ini seringkali dijumpai di pelbagai situs atau aplikasi yang menawarkan kemampuan serupa. Jika pengguna menuju dan masuk ke situs tersebut, kemungkinan besar data dan informasi mereka bisa dimiliki si pemilik situs.

Laman Softpedia mencoba memeringatkan pengguna FB akan indikasi yang sama di situs FBStalker26.com. Menklaim miliki fitur di atas, pengguna yang masuk akan dirujuk ke laman log in Facebook.

Tentu saja laman ini palsu atau fake. Jika pengguna FB memutuskan untuk log in dengan masukkan nama pengguna dan kata sandi, bisa dipastikan profil mereka akan tercuri.

Phishing tidak hanya mencoba menggondol nama pengguna dan kata sandi. Modus yang demikian juga akan menggali data lain seperti pertanyaan rahasia dan jawabannya. Dengan demikian semua data dan informasi pribadi pengguna bisa dikeruk habis-habisan.

Salah satu bahaya peretasan adalah efek domino. Satu akun teretas maka akan berbuntut panjang pada peretasan akun-akun lainya. Jika pengguna terlanjur masuk situs FBStalker26.com dan log in di laman FB palsu, untuk penyelamatan pertama disarankan segera mengubah atau menganti kata sandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda