Scroll to Top

10 Maskot Olimpiade Paling Nyleneh

By Ibnu Azis / Published on Friday, 10 May 2013
Wenlock and Mandeville
Wenlock dan Mandeville, maskot Olimpiade London 2012

Tahun ini meman bukan musim Olimpiade. Perhelatan akbar insan olahraga di seluruh dunia ini terakhir diadakan pada tahun 2012 lalu di Kota London, Inggris. Tiap kali perhelatan Olimpiade dilakukan, pasti miliki maskot. Dan berikut 10 maskot Olimpiade paling nyleneh yang pernah ada.

10. Schneeman the Snowman (Austria, 1976)

Schneeman the Snowman
Schneeman the Snowman

Dimaksudkan sebagai maskot Olimpiade Musim Dingin kala itu penyelenggara mendesainnya menyerupai boneka salju. Sayangnya maskot yang diciptakan justru mirip maskot M&M, salah satu produk permen cokelat.

9. Hidy dan Howdy (Kanada, 1988)

Hidy and Howdy
Hidy and Howdy

Niat hati ingin mewakili pribadi masyarakat Kanada yang ramah, namun maskot dua beruang besar ini justru terlihat menyeramkan. Tak hanya seram, bahkan dicap jelek.

8. Magique (Perancis, 1992)

Magique
Magique

Bentuknya menyerupai bintang namun serupa dengan manusia. Bintang yang miliki lima sisi di sisi atas dijadikan kepala dan sisi kanan kiri serta bawah dijadikan tangan dan kaki. Hasilnya justru malah mirip bintang setengah manusia.

7. Hakon dan Kristin (Norwegia, 1994)

Hakon and Kristin
Hakon and Kristin

Maskot ini diklaim cacat sebab menampilkan dua anak kecil yang mengenakan kostum Viking. Penyelenggara seharusnya memilih pakaian lainnya sebab Viking miliki sejarah kelam terkait Norwegia di masa lalu.

6. Izzy (AS, 1996)

Izzy
Izzy

Maskot ini pada Olimpiade 1992 di Spanyol telah diperkenalkan dengan nama Whatizit. Tatkala digunakan di tahun 1996, maskot tersebut dicap tidak mewakili tradisi, budaya, nasionalisme, dan sejarah panjang Amerika.

5. Athena dan Phevos (Yunani, 2004)

Athena and Phevos
Athena and Phevos

Dua nama maskot di atas adalah representatif dari dewa dan dewi Yunani kuno. Olimpiade akhirnya kembali ke negeri asalnya. Untuk lebih mewakili semangat asli Olimpiade, diciptakan maskot yang memadukan budaya kuno dengan modern kala itu. Hasilnya pun aneh. Dewa dewi Yunani diwakili dengan maskot berleher panjang dan berkaki besar memakai rok lebar.

4. Neve dan Gliz (Italia, 2006)

Neve and Gliz
Neve and Gliz

Dua kata di atas miliki makna salju dan es dalam Bahasa Italia. Maskot ini menggambarkan musim dingin. Namun bentuk maskotnya pun terlihat nyleneh. Kepala sang maskot seperti es balok dengan bentuk kubus.

3. Fuwa (China, 2008)

Fuwa
Fuwa

Tatkala Olimpiade berlangsung di Beijing, pihak penyelenggara siapkan maskot yang mewakili lima elemen Feng Shui. Sebuah perhelatanan Olimpiade yang cukup menarik dengan satu maskot yang miliki lima makna.

2. Miga, Quatchi, Sumi, dan Mukmuk (Kanada, 2010)

Miga, Quatchi, Sumi, and Mukmuk
Miga, Quatchi, Sumi, and Mukmuk

Muncul cerita unik dibalik munculnya tiga maskot ini. Di Kanada tersiar isu adanya mahkluk-mahkluk mistis yang bergentayangan. Sejurus kemudian ide maskot tersebut muncul. Miga sebagai beruang hybrid, Quatchi sebagai big-foot, Sumi digambarkan sebagai sosok binatang bersemangat dalam wujud beruang bersayap, dan Mukmuk digambarkan sebagai binatang yang sangat ramah namun nafsu makannya tinggi.

1. Wenlock dan Mandeville (Inggris, 2012)

Wenlock and Mandeville
Wenlock and Mandeville

Terakhir adalah maskot Olimpiade di London 2012 lalu. Banyak yang mengaitkannya dengan konspirasi zionis. Namun aku pihak penyelenggara, maskot ini mewakili revolusi industri yang terjadi di Inggris. Sebuah tetesan bijih besi yang diwakilkan pada visual sosok bermata satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda