Scroll to Top

10 Final FA Cup Terbaik

By Naqib Najah / Published on Friday, 10 May 2013

Final FA Cup atau biasa disebut Piala FA musim ini akan mempertemukan Manchester City vs Wigan Athletic, Sabtu, 11 Mei 2013 pukul 23:00 WIB. Kompetisi ini sudah masuk usia ke-141. Mana saja 10 pertandingan final FA Cup yang masuk kategori final terbaik?

Goal.com membocorkan 10 final terbaik FA Cup sepanjang kompetisi yang sudah bergulir sejak tahun 1871-72 ini. Di antara sepuluh final terbaik, nama Liverpool muncul paling banyak. Klub yang berkostum merah ini masuk 4 kali dalam daftar pertandingan final terbaik.

Berikut daftar Final terbaik FA Cup versi Goal.com, dimulai dari peringkat ke-10:

10. West Ham vs Preston (1964)

Waktu itu Bobby Moore masih menjabat sebagai kapten dari West Ham. Klub asal kota London ini bertemu dengan tim underdog, Preston. Banyak pihak yang memprediksi West Ham memenangi laga final dengan mudah, namun kenyataannya, Preston mampu unggul bahkan di 10 menit babak pertama. Doug Holden dielu-elukan tim Preston pasca gol yang membuat shock kubu West Ham.

Kedua tim saling berbalas gol. Tapi West Ham tampil sebagai juara lewat gol dramatis dari Ronnie Boyce. Laga ini ditutup dengan skor 3-2 untuk West Ham, yang sekaligus kali pertamanya West Ham mengangkat trofi kompetisi ini.

9. Liverpool vs Everton (1989)

Letak dramatis pertandingan ini salah satunya adalah berlangsungnya pertandingan yang jatuh lima minggu pasca kejadian Hillsborough. Kedua adalah final yang mempertemukan tim sekota. Dalam derby Merseyside ini, suasana hening terasa begitu kental. Satu menit jelang kick off dibunyikan, wasit memimpin poses mengheningkan cipta, kedua tim pun memakai ban lengan hitam. Liverpool memenangi laga dengan skor 3-2.

8. Bolton vs West Ham (1923)

Ini adalah kali pertama pertandingan sepak bola digelar di Wembley. Ada kerumunan sekitar 300.000 orang padahal kapasitas stadion hanya 127.000.

Banyak polisi berkuda berjaga-jaga di area pertandingan. Bahkan mereka begitu sibuk mendisiplinkan penonton. Dampaknya, pertandingan final waktu itu sempat tertunda 45 menit. Final ini menjadi salah satu final terbaik bukan karena jalannya pertandingan, melainkan faktor lain di luar lapangan hijau.

Bolton memenangi laga dengan skor 2-0.

7. Liverpool vs Wimbledon (1988)

Lagi-lagi ini adalah laga yang mempertemukan tim besar melawan tim kecil. Liverpool yang saat itu menjadi hegemoni tersendiri di negeri ratu Elizabeth, dielu-elukan akan meriah poin dengan mudah. Bagaimana tidak, di musim itu (1987/1988) Liverpool baru saja menjuarai Liga Inggris. Namun kenyataannya, pasukan Anfield kalah 0-1.

6. Coventry vs Tottenham Hotspur (1987)

Perjalanan fantastis ditunjukkan Tottenham Hotspur dalam Piala FA tahun 1986/1987. Spurs, pada waktu itu, hanya kebobolan tiga gol sepanjang perjalanannya dari awal hingga fase final. Di Liga Inggris pun, mereka finish di urutan ketiga. Namun lagi-lagi kejutan terjadi di kompetisi satu ini. Spus dikalahkan dengan skor 3-2.

5. Tottenham Hotspur vs Manchester City (1981)

Laga menjadi istimewa sebab ini adalah perhelatan ke-100 Piala FA. Pertandingan pertama berakhir dengan skor 1-1. Namun pada laga kedua yang jatuh pada 14 May 1981, Spurs unggul 3-2 atas Manchester City.

4. Arsenal vs Manchester United (1979)

Tidak ada yang tidak mungkin dalam sepak bola. Hal tersebut terbukti lewat laga ini. Dua menit menjadi hal yang paling berharga bagi pasukan The Gunners. Pasalnya, Arsenal yang sempat unggul dua gol di babak pertama (Tablot di menit 12′ dan Stapleton 43′) akhirnya dikejar oleh MU lewat gol MacQueen di menit 86′ dan Mcllroy di menit ke-88′. Namun laga menjadi milik Arsenal pasca gol Sunderland di menit ke-89′. 3-2 The Gunner menyudadi pertandingan.

3. Blackpool vs Bolton (1953)

Hujan gol terjadi di laga ini. Blackpool menyudahi pertandingan dengan skor 4-3. Nama striker Blackpool, Stan Mortensen pun tercatat sebagai pencetak hattrick pertama selama gelaran final piala ini.

2. Arsenal vs Liverpool (2001)

Satu hal yang menarik adalah laga ini digelar di luar Inggris. Tepatnya di Millennium Stadium, Cardiff, Wales, lantaran proses renovasi yang sedang digalakkan di Wembley. Arsenal menguasai jalannya pertandingan. Namun juara ada di tangan Liverpool. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 1-2 untuk The Reds.

1. Liverpool vs West Ham (2006)

Lagi-lagi laga masih digelar di luar Inggris, masih di Cardiff, Wales. Hujan gol terjadi di waktu normal dengan masing-masing berbagi angka 3-3. Liverpool tampil digdaya pada sesi penalti dengan unggul 3-1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda