Scroll to Top

Dijamu Timnas Indonesia, Belanda Yakin Dapat Dukungan Besar

By Aditya / Published on Friday, 10 May 2013

suporter belanda timnas indonesia

Tim nasional Belanda merasa yakin mendapat dukungan besar kendati harus bermain di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, yang merupakan kandang Timnas Indonesia. De Oranje mengaku tak gentar berlaga di depan publik Timnas Indonesia. Pasalnya, Belanda meyakini punya banyak suporter di Indonesia. Laga ujicoba antara Timnas Indonesia melawan Belanda akan digelar pada 7 Juni 2013 mendatang.

“Pertandingan antara Tim Oranje dan Tim Merah Putih menggaris-bawahi ikatan yang kuat antara Indonesia dan Belanda. Oranje pasti akan mendapat dukungan yang besar di negara ini,” tandas Tjeerd de Zwan, Duta Besar dari Kerajaan Belanda, di Jakarta belum lama ini.

“Pertandingan nanti adalah kesempatan bagus karena banyak penggemar Belanda di sini. Bagaimanapun, kami ke sini tidak hanya untuk sekadar bertanding,” timpal Marc Boele, Kepala Pemasaran dan Sponsor KNVB (federasi sepakbola Belanda).

Belanda memang antusias menyambut laga melawan Indonesia. Mereka akan membawa para pemain bintangnya yang kini memperkuat klub-klub besar Eropa, seperti Robin van Persie (eks Arsenal, kini di Manchester United), Arjen Robben (eks Real Madrid, kini di Bayern Muenchen), Klaas Jan Huntelaar (eks Real Madrid, AC Milan, kini di Schalke 04), Wesley Sneijder (eks Real Madrid, Inter Milan, kini di Galatasaray).

Selanjutnya ada Rafael van der Vaart (eks Real Madrid, Tottenham Hotspur, kini di Hamburg SV), Ibrahim Afellay (pemain Barcelona yang dipinjamkan ke Schalke 04), Dirk Kuyt (eks bintang Liverpool yang kini di Fenerbahce), dan Eljero Elia (pemain Juventus yang dipinjamkan ke Werder Bremen), Nigel de Jong (eks Manchester City kini di AC Milan), dan sejumlah pemain lainnya.

Sementara itu, Arif Wicaksono, CEO Nine Sport selaku promotor yang mendatangkan skuat asuhan Luis van Gaal ke Jakarta mengatakan, pihaknya memang memilih tim nasional Belanda sebagai lawan tanding Timnas Indonesia dengan sejumlah alasan. Apa sajakah itu?

“Ada tiga alasan mengapa kami memilih Timnas Belanda. Pertama, dunia sedang terpesona oleh Tiki Taka, yang berakar dari Belanda. Total Football pertama digunakan oleh Ajax dan lalu diadaptasi oleh Timnas Belanda di 1974,” beber Arif Wicaksono.

“Yang kedua, latar belakang sejarah akan membuat pertandingan ini menarik, ini adalah pertemuan pertama antara kedua negara. Dan ketiga, pertandingan ini akan didaftarkan ke FIFA, yang berarti hasil pertandingan ini dapat mendorong peringkat Indonesia di FIFA,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda