Scroll to Top

Google Translate Kini Mendukung Bahasa Jawa

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 11 May 2013

Google Translate

Meski masih berstatus alpha, Google Translate kini telah mendukung Bahasa Jawa. Ini berarti Bahasa Jawa adalah bahasa kedua yang didukung terjemahan Google setelah Bahasa Indonesia untuk bahasa di negara ini.

Namun terjemahan Bahasa Jawa ini masih dalam pengembangan. Jadi jangan kaget nantinya terjadi banyak salah terjemahan atau susunan kalimat yang amburadul. Pengguna diharapkan membantu bila menemukan terjemahan yang kurang sesuai dan menyinggung.

Sila manfaatkan tombol report yang letaknya di ujung paling kanan bawah kotak hasil terjemahan. Nantinya akan muncul tiga opsi; membantu, tidak membantu, dan menyinggung.

Program Manager Google Translate Sveta Kelman dalam siaran persnya kemarin menulis jika tingkat keakurasian terjemahan ini akan terus diuji berkali-kali. Sementara itu menurut Google Bahasa Jawa adalah bahasa yang paling sering digunakan di Indonesia dengan 83 penutur asli.

bahasa jawa
Terjemahan dari Bahasa Indonesia ke Jawa

Dengan masuknya Bahasa Jawa, maka Google Translate telah mendukung tak kurang 70 bahasa asing. Sebelumnya bahasa baru yang disuntikkan adalah Bahasa Khmer.

Bahasa Khmer sendiri menurut Google adalah salah satu bahasa yang paling menantang. Selain tidak banyak data, kata-katanya pun tidak dipisahkan oleh spasi. Google bekerja dua kali terhada Bahasa Khmer; tak sekadar menerjemahkan namun juga memisahkan kata.

Sementara itu Google Translate yang mendukung Bahasa Jawa bisa langsung digunakan di laman web (coba di sini). Untuk ranah mobile, tersedia aplikasinya di dua device yang berbeda; Android (unduh di sini) dan iOS (unduh di sini).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda