Scroll to Top

Telah Dibuka: Kelas Training Cara Menggunakan Facebook Bagi Lansia

By Aisyah Indarsari / Published on Friday, 09 Sep 2011

Mungkin Anda akan mentertawakan hal tersebut. Akan tetapi ternyata, tempat-tempat kursus /training yang mengajarkan bagaimana cara menggunakan Facebook yang menawarkan kelas khusus bagi orang-orang tua lanjut usia laku keras di Amerika Serikat. Begitu seperti yang diberitakan oleh The Atlantic.

Fenomena ini cukup mengejutkan, walaupun tidak sepenuhnya perlu diragukan. Karena dari data yang dirilis oleh Community 102 seperti yang diberitakan Sidomi News sebelumnya, pengguna sosial media dengan usia diatas 65 tahun memang ada, walaupun hanya sebanyak 3% saja.

Masih menurut Atlantic, perilaku para lansia ini dikarenakan mereka banyak menghabiskan waktu di rumah menemani cucu mereka yang kebanyakan berusia remaja, yang tentu saja aktif menggunakan jejaring sosial.

Mau tidak mau, mereka jadi ikut memperhatikan dan bukan tidak mungkin cucu mereka juga ikut andil memacu mereka untuk ikut memiliki akun di salah satu jejaring sosial yang ada. Dan karena semangat dan keinginan yang kuat untuk bisa mengikuti trend dan teknologi yang ada, mulailah mereka mencari lembaga pendidikan yang menawarkan jasa tersebut untuk mereka.

Seperti yang ditawarkan oleh ICT Group, lembaga pendidikan ini menawarkan kelas training komputer bagi para lansia yang mengajarkan mulai dari keahlian dasar komputer, hingga menggunakan jejaring sosial seperti Hulu, YouTube dan Google Earth.

 

Yang mana disebutkan terakhir merupakan situs favorit mereka, karena mereka senang mengamati tempat tinggal dan tetangga-tetangga lama mereka. Menurut lembaga tersebut, rata-rata partisipan di kelas trainingnya berusia 82,5 tahun.

“Aku belajar lebih banyak tentang internet, dan bagaimana cara mengirim email. Itu adalah hal-hal yang penting. Seperti halnya bagaimana mencari orang-orang/teman-teman (di jejaring sosial), dan semua hal-hal baik lainnya”, begitulah pengakuan salah satu dari peserta kursus kelas lansia tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda