Scroll to Top

Rice University Menggandakan Kapasitas Jaringan Nirkabel

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 08 Sep 2011

Jaringan nirkabel akhir-akhir ini semakin populer, sebagaimana penggunaan dari smartphone untuk melakukan browsing, streaming dan semacamnya juga ikut populer. Setelah jaringan 3G, dan 4G yang segera hadir, tentunya perlu ada acara untuk menambah kapasitas data.

Cara yang biasa dilakukan dalam hal penambahan kapasitas jaringan adalah menambah infrastruktur, dan ini jelas mahal, serta memakan waktu yang lama.

Rice University datang dengan solusi, dimana akan menggandakan kemampuan jaringan yang ada saat ini tanpa harus ada hardware tambahan. Solusinya adalah transimisi nirkabel full duplex.

Pengandaian dari transmisi diatas adalah, misalkan ada 2 orang yang berbicara lalu berteriak satu sama lain, anda tidak akan bisa mendengar apa yang mereka katakan. Peneliti dari Rice memecahkan masalah dari transmisi full duplex tersebut dengan antena tambahan, serta menambah kemampuan untuk mematikan satu sinyal secara lokal. Jadi jika dua node berkirim data, masing-masing node tidak bisa “mendengar” data yang ditransmisikan tapi masih bisa menerima data yang dikirim ke mereka.

Jika anda penasaran bagaimana jaringan komunikasi saat ini menangani data, tergantung jenis jaringan yang anda pakai. Sebagai contoh, jaringan 3G dan ADSL menggunakan frequency-division duplexing.

Lihat video dibawah ini mengenai penelitian dari Rice University mengenai jaringan yang lebih cepat (via Geek):

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda