Share

timnas indonesia kalah arab saudi sergio van dijk irfan bachdim

Timnas Indonesia masih belum bisa beranjak dari keterpurukan. Ranking FIFA terbaru menunjukkan bahwa Timnas Indonesia berada di urutan 170 dunia, 35 untuk level Asia, dan 7 untuk kawasan Asia Tenggara. Itu artinya, dari 10 negara ASEAN yang tercatat di peringkat FIFA, Timnas Indonesia merupakan salah satu tim yang berada di zona terbawah.

Berdasarkan ranking FIFA per 9 Mei 2013, untuk level Asia Tenggara saja, Timnas Indonesia hanya unggul dari Brunei Darussalam, Timor Leste, dan Kamboja. Selebihnya, Indonesia berada di bawah negara-negara ASEAN yang lainnya, seperti Vietnam, Thailand, Myanmar, Filipina, Malaysia, Singapura, bahkan Laos.

Vietnam masih perkasa wakil ASEAN yang menempati peringkat paling atas di ranking FIFA, yakni di posisi 132 dunia dan 18 Asia. Disusul oleh Thailand yang meskipun turun dua peringkat, namun masih bisa mempertahankan posisi kedua di ASEAN dengan menempati posisi 142 dunia dan 22 Asia.

Peringkat ke-3 Asia Tenggara dihuni oleh Filipina dengan nangkring di posisi 144 dunia dan 24 Asia. Kemudian ada Myanmar sebagai peringkat 4 ASEAN serta berada di posisi 158 dunia dan 29 Asia.

Seteru abadi Indonesia, Malaysia, naik dua peringkat ke posisi 161 dunia dan 31 Asia serta menjadi tim nomor 5 di level Asia Tenggara. Berikutnya adalah Singapura sebagai penghuni peringkat 6 ASEAN, 32 Asia, dan 165 dunia.

Baru kemudian Indonesia di peringkat 170 dunia, 35 Asia, dan 7 Asia Tenggara. Selanjutnya ada Brunei Darussalam (186 dunia, 42 Asia, 8 Asia Tenggara), Timor Leste (186 dunia, 43 Asia, 9 Asia Tenggara), dan terakhir Kamboja (190 dunia, 44 Asia, 10 Asia Tenggara).

Torehan peringkat FIFA yang diraih Timnas Indonesia ini tentunya bukan prestasi yang patut dibanggakan. Bayangkan, negara seluas Indonesia yang dianugerahi banyak sekali pilihan talenta sepakbola yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, hanya menempati 4 besar terbawah di ASEAN.

Laos dan Filipina, yang selama ini menjadi lawan empuk bagi tim Garuda, kini sudah melampaui Indonesia. Apalagi Vietnam, Thailand, Myanmar, Malaysia, atau Singapura yang kerap disebut-sebut sepadan dengan Indonesia, sekarang sudah cukup jauh berada di atas tim Merah-Putih. Kondisi ini adalah kenyataan yang menyedihkan bagi sepakbola Indonesia dan harus segera ditemukan solusinya.